Implementasi Algoritma Genetika dalam Penentuan Prioritas Kekumuhan Kelurahan di Kota Bengkulu

Ernawati Ernawati, Rabbiatun Jumiyanti, Rusdi Effendi

Abstract


Penanganan pemukiman kumuh diwilayah perkotaan menjadi prioritas penting bagi pemerintah dalam mewujukan program Kotaku Tanpa Kumuh (KOTAKU). Anggaran yang terbatas menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam hal ini Kota Bengkulu untuk menggunakan dana yang ada semaksimal mungkin dan tepat sasaran. Penentuan kekumuhan suatu wilayah saat ini masih menggunakan cara konvensional dengan mengolah indikator dan subindikator dalam mengidentifikasi wilayah kumuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam penelitian ini menggunakan algoritma genetika untuk mengidentifikasi kekumuhan suatu wilayah. Dalam penelitian ini data dari indikator dan subindikator akan diolah dengan membangkitkan nilai berdasarkan data nilai kumuh yang ada. Hasil dalam penelitian ini yaitu didapatkan penilaian prioritas kekumuhan kelurahan berdasarkan 7 indikator dari 19 sub indikator dengan melihat total nilai kekumuhan kelurahan dalam bentuk nilai kumuh dalam bentuk nilai fitness paling tinggi. Dimana untuk nilai populasi 50, nilai probabilitas 0.8 dan nilai mutasi 0.1 maka nilai fitness yang didapatkan adalah 40.92 yang dilakukan dalam 100 generasi.


Full Text:

PDF

References


D. W. Wijaya, 2016.Perencanaan Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh Studi Penentuan Kawasan Prioritas untuk Peningkatan Kualitas Infrastruktur pada Kawasan Permukiman Kumuh di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP) FIA UB, vol. 2, no. 1, pp. 1-10, 2016.

M. Rusli, 2016.Konsep Penanganan Kumuh, sebagai Peluang dan Tantangan,.diakses http://kotaku.pu.go.id:8081/wartadetil.asp?mid=8074&catid=2&, diakses tgl 28 Agustus 2019

D. C. Karya,. 2015.Draft Petunjuk Pelaksanaan KOTAKU Tingkat Kota," Direktorat Jenderal Cipta Karya PUPR, Jakarta,.

R. D. Puspitasari.2018 Optimasi Susunan Gizi Makanan Bagi Pasien Rawat Jalan Penyakit Jantung Menggunakan Real Coded Genetic Algorithm (RCGA),JPTIIK - Universitas Brawijaya, vol. 2, no. 1, pp. 44-52, 2018.

F. Rosaliana.2017.Penentuan Lokasi Pasang Baru Wifi.id Corner menggunakan Metode AHP dan Algoritma Genetika,Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JPTIIK), vol. 1, no. 12, pp. 1742-1749, 2017.

Muasyaroh, F.L.2016. Implementasi Algoritma Genetika dalam Optimasi Model AHP dan TOPSIS untuk Penentuan Kelayakan Pengisisan Bibit Ayam Broiler di Kandang Peternak," JPTIIK.

W. F. Mahmudy, Dasar Dasar Algoritma Evolusi,, Malang: Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, 2015.

Mutaqin,Z. 2016.Studi Penentuan Prioritas Penanganan Lingkungan Permukiman Kumuh Menuju Kampung Berkelanjutan ( Studi Kasus: Kelurahan 29 Ilir Kecamatan Ilir Ii Kota Palembang)," .Tesis.UNILA, Lampung,.


Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 1269 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â