Sistem untuk Analisis Variasi Tindakan Pengereman Terhadap Hasil Pengukuran Rol Penguji Rem

Riky Maulana Firdaus, Bambang Supriyo, Amin Suharjono, Ida Udlhiya

Abstract


Untuk memastikan keamanan dari sistem pengereman kendaraan maka perlu dilakukan uji berkala pada kendaraan bermotor, salah satunya dengan menguji efisiensi dari gaya pengereman. Salah satu alat uji efisiensi sistem pengereman kendaraan bermotor adalah model statik rol penguji rem. Pada umumnya alat rol penguji rem hanya menggunakan sensor berat untuk mengukur berat sumbu kendaraan dan gaya rem saja, tidak dilengkapi dengan pengukuran perlambatan pada roda kendaraan saat dilakukan pengereman. Dalam penelitian ini telah ditambahkan sensor putaran roda pada alat rol penguji rem untuk menganalisis hubungan antara variasi tindakan pengereman terhadap besarnya pengukuran efisiensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merancang sebuah sistem perangkat keras dan perangkat lunak, melakukan pengujian dan kalibrasi. Pengujian dan kalibrasi dilakukan dengan mengukur berat sumbu dan gaya rem, kemudian membandingkan variasi tindakan pengereman saat pengujian menggunakan rol penguji rem. Setelah dilakukan kalibrasi didapatkan hasil kesalahan maksimum untuk pengukuran berat sumbu sebesar 2.22%, untuk pengukuran gaya rem kanan sebesar 1.47% dan 1.1% untuk pengukuran gaya rem kiri. Setelah alat dikalibrasi kemudian dilakukan pengujian terhadap sampel kendaraan untuk menganalisis variasi tindakan pengereman. Dari analisis variasi tindakan pengereman didapatkan hasil efisiensi tertinggi diperoleh dengan cara tindakan pengereman hentakan sedangkan efisiensi terendah yaitu dengan tindakan pengereman tekan – lepas.

Full Text:

PDF

References


M. Boć, A. VuÄetić, P. Iliňić, dan Z. Lulić, “Retrofit of a roller brake tester at famena,†Trans. Famena, vol. 38, no. 3, hal. 95–102, 2014.

X. Wang, C. Liu, Z. M. Xiao, dan X. Wu, “Study and implementation of vehicle brake test system,†2015 IEEE Int. Conf. Inf. Autom. ICIA 2015 - conjunction with 2015 IEEE Int. Conf. Autom. Logist., no. August, hal. 1524–1527, 2015.

V. Surblys dan E. Sokolovskij, “Research of the Vehicle Brake Testing Efficiency,†Procedia Eng., vol. 134, hal. 452–458, 2016.

Z. E. B. V, “Type L6B Load Cell Type L6B Load Cell,†Data Sheet, hal. 39480–39482, 2013.

Avia Semiconductor, “24-Bit Analog-to-Digital Converter (ADC) for Weigh Scales,†Hx711, vol. 9530, no. 592, hal. 1–9, 2016.

J. S. Galvarro, “Calibration of roller brake testers transmission and use of reference brake force,†Norway, 2011.

R. Hayu, “Analisis Ketidakpastian Kalibrasi Timbangan Non-Otomatis Dengan Metoda Perbandingan Langsung Terhadap Standar Massa Acuan,†J. Stand., vol. 12, no. 1, hal. 64, 2010.

Euramet, “Guidelines on the calibration of non-automatic weighing instruments,†Euramet, vol. 02, 2009.

Joint Committee For Guides In, “Evaluation of measurement data — Guide to the expression of uncertainty in measurement,†Int. Organ. Stand. Geneva ISBN, vol. 50, no. September, hal. 134, 2008.

International Recommendation, “Organisation Internationale de Métrologie Légale Nonautomatic weighing instruments,†vol. 1, hal. 1–51, 1994.

G. Xu, J. Su, R. Chen, H. Pan, L. Zhang, dan X. Wang, “Measurement performance assessment: Dynamic calibration compared with static calibration method for roller tester of vehicle brake force,†Adv. Mech. Eng., vol. 2014, 2014.


Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 578 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â