Penilaian Ujian Otomatis untuk Soal Bertipe Essay pada PJJ APTIKOM menggunakan Cosine Similarity

Nurul Hidayat, Lasmedi Afuan

Abstract


Penelitian mengembangan sistem penilaian jawaban essay secara otomatis pada PJJ APTIKOM dengan menggunakan algoritma similaritas. Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan pada penelitian ini antara lain: 1) input data yang dimasukkan oleh pendidik dan peserta didik berupa soal ujian, kunci jawaban dan jawaban; 2) Pemrosesan teks, kunci jawaban dan jawaban dilakukan pemrosesan teks dengan melakukan tokenisasi, stopword removal, dan stemming; 3) Perhitungan bobot, dilakukan dengan menggunakan algoritma TF-IDF; 4) Pengukuran similaritas antara jawaban dan kunci jawaban dengan menggunakan algoritma cosine similarity; 5) Penjumlahan nilai similaritas untuk setiap soal. Selanjutnya, nilai similaritas dikonversi menjadi nilai akhir bagi peserta didik. Sistem yang dikembangkan akan dikolaborasikan dengan penggunaan E-Learning yang telah digunakan pada PJJ APTIKOM. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah pendidik dalam pemberian skor pada jawaban essay dan bagi peserta didik dapat mengetahui secara realtime nilai ujiannya.

Full Text:

PDF

References


R. Fitri and A. N. Asyikin, “Aplikasi Penilaian Ujian Essay Otomatis menggunakan Metode Cosine Similarity,†Poros Tek., vol. 7, no. 2, 2015.

A. A. P. Ratna, B. Budiardjo, and D. Hartanto, “SIMPLE : Sistem Penilai Esei Otomatis untuk Menilai Ujian dalam Bahasa Indonesia,†MAKARA, vol. 11, no. 1, pp. 5–11, 2007.

P. Susongko, “Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian dan Teslet dengan Penerapan Graded Response Model (GRM),†J. Penelit. dan Eval. Pendidik., no. 3, pp. 269–288, 2010.

S. Valenti, F. Neri, and A. Cucchiarelli, “An Overview of Current Research on Automated Essay Grading,†Journalof Inf. Technol. Educ., vol. 2, 2003.

M. S. Hasibuan, “System E-Learning Dengan Pendekatan Evaluasi Pembelajaran,†no. January 2012, 2015.

N. Zahara, “Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Websebagai Alat Ukur Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Kelas X Man Model Banda Aceh,†Semin. Nas. Biot., pp. 480–484, 2015.

A. Putra, S. Widowati, and S. Solikin, “Evaluasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Multi-Criteria Methodology ( Studi Kasus : Pembelajaran Jarak Jauh Telkom University ) Distance Learning Evaluation Using Multi-Criteria Methodology ( Case Study : Telkom University Distance Learning ).â€

E. B. Susilowati and A. Ashari, “Pengembangan Sistem Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web Studi Kasus : di SMA Negeri 1 Surakarta 1,†vol. 7, no. 2, pp. 199–208, 2013.

S. H. Bariah and K. A. N. Imania, “Pengembangan Evaluasi Dan Penugasan Online Berbasis E-Learning Dengan Moodle Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer,†vol. 6, pp. 305–315, 2017.

G. Salton and C. Buckley, “Term Weighting Approaches in Automatic Text Retrieval,†Inf. Process. Manag., vol. 24, no. 5, pp. 513–523, 1988.

K. J. Cios, “Data Mining A Knowledge Discovery Approach,†Springer, 2007.

D. L. Lee, H. Chuang, and K. Seamont, “Document Ranking and the Vector-Space Model,†IEEE Softw., no. April, pp. 67–75, 1997.

S. Tata and J. M. Patel, “Estimating the Selectivity of tf-idf based Cosine Similarity Predicates,†SIGMOD, vol. 36, no. 2, pp. 7–12, 2007.


Article Metrics

Abstract view : 794 times
PDF - 725 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â