PENERAPAN ALGORITHMA BACKTRACKING DALAM MENYELESAIKAN PERMAINAN KNIGHT TOUR

Sendi Novianto, Dian Pramadhana

Abstract


Dalam permainan Knight tour banyak pemain merasa kesulitan dalam menyelesaikan permainan ini, karena aturan permainannya yaitu bidak kuda harus melewati seluruh kotak papan catur tepat satu kali dengan langkah harus membentuk huruf â€L†dan  tanpa mengulangi kotak yang sudah pernah dilalui.

Dengan demikian di buat sistem untuk mencari solusi dalam menyelesaikan permainan dengan menerapkan algoritma backtracking pada permainan knight tour dengan papan permainan menggunakan ukuran m x n atau acak.

Penelitian ini menggunakan metode Action Research, menurut jenis yang dipakai peneliti ini termasuk model Kemmis. algoritma backtracking ini akan lebih cepat dan tepat dalam proses pencarian solusi  sehingga pemain akan lebih mudah dalam menyelesaikan permainanan knight tour.

Laporan tugas akhir ini akan menguraikan tentang proses pencarian solusi agar papan terisi semua. Desain penerapan algoritma backtraking ini meliputi langkah kuda agar papan terisi semua dan banyaknya langkah bidak kuda dalam menyelesaikan permaianan.

Algoritma Backtracking mampu menemukan solusi pada permasalahan permainan knight tour  pada papan catur m x n dengan cepat dan tepat. Diharapkan kedepannnya dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk penelitian yang lebih lanjut. Misalnya seperti menggunakan algoritma yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan pada permainan knight tour.


Full Text:

XML PDF

References


Munir, Rinaldi. 2009. “Diktat Kuliah IF3051 Strategi Algoritmaâ€, Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Lewandowski, Gary. “Project 1: The Knight’s Tour Gary Lewandowskiâ€, CSCI 220, fall 2001

Dolly Yudhistira, Wamiliana, Dian Kurniasari, “Algoritma Backtrack Untuk Pencarian Solusi Knight’s Tour Problem Pada Papan Catur m xn, †Jurnal komputasi, Vol 1, No. 1, 2012.

Sahat Nicholas Simangunsong, “Aplikasi Algoritma Brute Force Pada Knight’s Tour Problem,†Strategi Algoritma, 2010/2011.

Widya Wardani, Dian Intania Savitri H, Allentine Tanujaya, “Analisis Penerapan Algoritma Backtracking Dalam Pencarian Solusi Game “Crossword Puzzle,†Ilmu dan Rekayasa Komputasi Departemen Teknik Informatika, 2010.

Ependi Usman, “Definisi Algoritma dan Ciri Algoritmaâ€, 19 November 2012. [Online]. Available: http://blog.binadarma.ac.id/usman/2012/11/19/definisi-algoritma-dan-ciri-algoritma.html. [Accessed 26 Maret 2014].

Putra, “Penelitian Tindakan (Action Research)â€, 06 Februari 2012. [Online]. Available: http://firdausremistael.blogspot.com/2012/02/penelitiantindakan.html. [Accessed 03-14 jam 11.00]

Fahmi Mumtaz, “Penyelesaian Permasalahan Knight Tour Menggunakan Algoritma Breadth First Search (BFS)â€, Program Studi Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, 2010.


Article Metrics

Abstract view : 297 times
XML - 479 times PDF - 2404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â