Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Mengidentifikasi Pemanfaatan Internet Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Selatan

Wiwin Agustian, Rusmin Syafari

Abstract


ne"> Usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia secara umum telah mampu membuktikan diri menjadi salah satu pilar
perekonomian nasional. Beberapa perusahaan penyedia layanan internet kelas dunia bahkan telah berani untuk memberikan
jasa mereka membantu UKM Indonesia agar dapat melakukan penetrasi pasar yang lebih besar bagi produk UKM. Google
sebagai salah satu penyedia layanan internet bagi UKM Indonesia, pada tahun 2012 telah meluncurkan program “Bisnis Lokal
Go On-Line†dengan menyediakan domain dan hosting gratis selama setahun, dan mencapai target hingga 100.000 bisnis
Indonesia yang sudah online. Kajian untuk menghasilkan data yang spesifik mengenai pemanfaatan internet oleh pelaku UKM
Sumatera selatan, dan untuk memperbarui data permasalahan yang dihadapai UKM Sumatera Selatan, serta untuk mengetahui
kemampuan UKM Sumatera Selatan dalam mengadopsi teknologi berbasis internet merupakan tujuan yang akan dicapai
dalam penelitian ini. Untuk itu, peneliti akan mengadopsi pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan uji
statistik menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik
sampling pada tiga lokasi yaitu Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, dan Kota Prabumulih dengan sasaran pada UKM
yang menghasilkan komoditi unggulan daerah masing-masing. Dengan adanya hasil kajian tersebut, pemerintah Sumatera
Selatan dan institusi ataupun lembaga yang terkait serta perusahaan besar yang memperdulikan keberadaan UKM Indonesia,
akan dapat memetakan strategi yang tepat bagi peningkatan pendapatan UKM khususnya di wilayah Provinsi Sumatera
Selatan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 563 times
PDF - 2317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.