ANTESEDEN DAN KONSEKUEN SIKAP NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (SURVEY PADA PENGGUNA KlikBCA)

Feronica Mayasari, Elisabeth Penti Kurniawati, Paskah Ika Nugroho

Abstract


Dunia saat ini telah memasuki era globalisasi yang menuntut segala informasi dapat diakses secara cepat, praktis dan instan. Industri perbankan menawarkan internet banking sebagai solusi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan persepsi manfaat (perceived usefulness) terhadap sikap (attitude) dan intensi perilaku (behavior intention) nasabah dalam menggunakan internet banking. Sampel penelitian diambil menggunakan metode purposive
sampling. Responden adalah para pengguna internet banking BCA (KlikBCA) sebanyak 127 nasabah. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana serta regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap
persepsi manfaat dan sikap nasabah dalam menggunakan internet banking. Intensi perilaku dalam menggunakan internet banking merupakan konsekuen dari sikap nasabah. Persepsi manfaat dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap dan intensi perilaku nasabah dalam menggunakan internet banking. Dengan demikian persepsi kemudahan penggunaan merupakan variabel anteseden sikap nasabah dalam menggunakan internet banking. Sedangkan persepsi manfaat bukan merupakan variabel anteseden sikap nasabah dalam menggunakan internet banking.
Kata kunci: Internet Banking, Technology Acceptance Model

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1057 times
PDF - 968 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.