PEMODELAN IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK STUDENT RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERGURUAN TINGGI

Erika Devi Udayanti, Affandy Affandy

Abstract


Keunggulan kompetitif sebuah perguruan tinggi tidak luput dari keberadaan dan pemanfaatan teknologi informasi. Dengan mengadopsi pendekatan CRM, dalam proses bisnisnya perguruan tinggi dapat menerapkan konsep Student Relationship Management (SRM) untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap mahasiswa sebagai orientasi utama. Dengan dukungan model Business Intelligence (BI) sebagai pengolah datanya SRM diharapkan akan dapat menawarkan alternatif solusi yang lebih personal sesuai dengan karakter tiap-tiap mahasiswa. Kajian ini mencoba untuk mengusulkan model implementasi BI dalam SRM dengan mengikuti tahapan pengembangan sistem yang diharapkan dapat menjadi alternatif guidelines penerapan SRM di dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi. Pengembangan prototype dari integrasi dua konsep ini akan menjadi kajian lanjutan untuk memvalidasi model yang diusulkan.

Kata kunci :Customer Relationship Management, Student Relationship Management, Business Intelligence


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 225 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.