Analisis Quality In Use Model ISO/IEC 25010 Pada Penggunaan Aplikasi TikTok

Masfufahtul Umroh, Syafrina Dyah Kusuma Wardani, Aulia Cahya Rani, Achmad Maulana Riski, M. Dwi Cahya Bimantara, Dwi Rolliawati

Abstract


Teknologi yang semakin berkembang saat ini tentu saja membuat pengguna internet terutama di Indonesia semakin banyak. Pengguna internet paling sering mengakses konten hiburan salah satunya pada aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok menjadi aplikasi yang populer di kalangan para remaja terutama saat pandemi Covid 19 ini. Banyak sekali masyarakat terutama publik figur yang menggunakan aplikasi tersebut untuk bisnis atau hanya membuat konten yang kreatif dan bermanfaat bagi pengguna lain. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melakukan analisis aplikasi TikTok yang semakin hari pengguna aplikasi tersebut semakin banyak berdasarkan model ISO IEC 25010 dengan kategori Quality In Use. Karakteristik dari Quality In Use yang akan dianalisis antara lain karakteristik Effectiveness, Efficiency, Satisfaction, Freedom from risk, dan Context coverage. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa pada karakteristik Effectivenes dan karakteristik Satisfaction memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa karakteristik lainnya yaitu sebesar 84%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi TikTok ini dapat memenuhi kebutuhan pengguna mulai dari mencari informasi sampai mendapatkan informasi yang diinginkan dan bernilai akurat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v7i2.6491

Article Metrics

Abstract view : 302 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: