Aplikasi Startup Pembanding Harga Produk Offline

Maulydea Ramayanti, Lalang Erawan, Agus Winarno

Abstract


Situs pembanding harga di internet memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mencari produk online dengan harga termurah. Selain produk online, terdapat produk-produk yang masih dijual secara offline. Konsumen produk offline tidak lepas dari keinginan memperoleh produk dengan harga termurah. Sementara itu tidak tersedia aplikasi yang dapat membantu membandingkan harga produk offline. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan aplikasi tersebut yang akan memberikan informasi harga produk-produk offline kepada konsumen. Aplikasi akan dibangun dengan basis sistem operasi mobile Android. Bagian backend dibangun dengan perangkat lunak Odoo 12 sedangkan bagian frontend dengan perangkat lunak React Native. Metode pengembangan sistem menggunakan waterfall terdiri dari empat tahap pengembangan: analisa, desain, implementasi, dan pengujian. Aplikasi diuji aspek fungsionalnya dengan menggunakan metode testing Blackbox. Aplikasi yang dihasilkan dapat digunakan menggunakan perangkat smartphone Android. Aplikasi memberikan informasi harga berbagai produk offline dan pengguna juga dapat membuat sebuah rencana belanja yang berisi daftar produk yang akan dibeli dan total harga yang harus dibayar. Rencana belanja akan memberikan pilihan total harga termurah berdasarkan jarak toko terdekat, atau harga produk termurah.

Full Text:

PDF

References


A. M. U. Nasution, "Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Wanita Pada Supermarket di Kota Medan," Jurnal Akuntansi dan Bisnis, vol. 3, no. 1, 2017.

P. Ade, "Persaingan Harga, Swalayan Mana yang Paling Murah?," https://kreditgogo.com/, 27 Oktober 2014. [Online]. Available: https://kreditgogo.com/artikel/Tarif-dan-Biaya/-Persaingan-Harga-Swalayan-Mana-yang-Paling-Murah.html. [Accessed 19 November 2019].

T. Y. C, S. and W. Hidayat, "Pengaruh Harga, Keragaman Barang dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Swalayan Aneka Jaya Ngaliyan Semarang)," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 5, no. 4, 2016.

F. H. Syahir, L. Sunarmintyaswati and N. A. Fitri, "Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Konsumen Untuk Membandingkan Harga Di Toko Swalayan," Jurnal Bisnis dan AkuntansI, vol. 2, no. 2, pp. 171-189, 2013.

H. Semuel and J. Wibisono, "Brand Image, Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Jaringan Supermarket Superindo di Surabaya," Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 13, no. 1, pp. 27-34, 2019.

N. Wirayanthy and S. Santoso, "Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas," Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, vol. 2, no. 1, p. 88, 2019.

M. A. Jaya, "Faktor-faktor Yang Mendukung Kesuksesan Sdm Startup Berdasarkan Manajemen Sumber Daya," 2017. [Online]. Available: http://etd.repository.ugm.ac.id/. [Accessed Oktober 2019].

Tempo.co, "Kinerja 2017, Pelaku E-Commerce Bidik Target Fantastis," bisnis.tempo.co, 8 Februari 2017. [Online]. Available: https://bisnis.tempo.co/read/844274/kinerja-2017-pelaku-e-commerce-bidik-target-fantastis. [Accessed 30 September 2019].

E. Lukman, "7 situs Indonesia yang membantu Anda membandingkan harga," Techinasia, 10 Desember 2013. [Online]. Available: https://id.techinasia.com/7-situs-pembanding-harga-indonesia. [Accessed 1 Oktober 2019].

I. Digdo, "Jadilah Konsumen Pintar dengan Situs Pembanding Harga Ini," merahputih.com, 11 Juni 2018. [Online]. Available: https://merahputih.com/post/read/jadilah-konsumen-pintar-dengan-situs-pembanding-harga-ini. [Accessed 7 Oktober 2019].

B. Wibowo and I. Maulana, "Aplikasi Perbandingan Harga Produk Dari Beberapa Situs Ecommerce Berbasis Web," Jurnal Bangkit Indonesia (STT Indonesia Tanjungpinang), vol. 4, no. 2, 2015.

F. N. Muna, "Pengaruh Pembelian Online dan Offline Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada 3Second Yogyakarta)," Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2019.

P. P. Arhandi, "Pengembangan Sistem Informasi Perijinan Tenaga Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Back End Dan Front End," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 7, no. 1, 2016.

T. S. Jaya, "Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis," Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 3, no. 2, 2018.

O.S.A, "About Us-Odoo," O.S.A, 2015. [Online]. Available: https://www.odoo.com/page/about-us. [Accessed 25 September 2019].

S. R. Sugara and L. Lidya, "Eksplorasi Framework React Native Dalam Pembangunan Aplikasi Berbasis Mobile," Instisutional Repositories and Scientific Journals UNPAS, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v6i1.4492

Article Metrics

Abstract view : 344 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: