Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web pada Toko Sari Tani Tegal

Suharnawi Suharnawi, Ramadhan Rakhmat Sani, Wulan Puspita Loka

Abstract


Toko Sari Tani Tegal merupakan sebuah badan usaha yang bergerak dalam bidang penjualan pupuk dan obat-obat pertanian. Sistem penjualan yang digunakan sekarang ini masing menggunkanan sistem konvensional, yaitu pelanggan harus datang ke toko atau menelpon untuk melakukan pemesanan pupuk. E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Pada saat ini, Toko Sari Tani Tegal belum menggunakan fasilitas e-commerce sehingga kesulitan dalam menawarkan produk kepada konsumen yang berada di luar kota. Proses penjualan Toko Sari Tani Tegal akan hanya dilakukan apabila terdapat konsumen yang datang ke toko tersebut. Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah untuk membangun sistem informasi penjualan online berbasis web agar dapat diakses siapa saja, kapan saja dan dimana saja serta memudahkan transaksi penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Web Engineering dimana memiliki beberapa tahapan, yaitu : Communication (Komunikasi), Planning (Perencanaan), Modelling (Pemodelan), Construction (Pembangunan) dan Deployment (Penyebaran). Dengan adanya Web ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan serta memberikan informasi mengenai produk kepada pelanggan dengan cepat melalui internet.


Full Text:

PDF

References


R. R. Sani, I. B. Fachreza dan F. E. Nilawati, “Perancangan E-commerce Pada Produk Wingko Babat Pak Moel Berbasis Web,” JOINS (Journal of Information System), vol. 3, no. 2, pp. 151-160, 2018.

A. S. Puspasari dan H. Sunardi, “Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis Web pada PT. Sri Aneka Karyatama,” Jurnal Media Infotama, vol. 14, no. 1, pp. 1-6, 2018.

Ummasyroh, Y. Herawati dan A. Furqon, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Microsoft Access 2007 pada Toko Syafa Collection,” Media Mahardhika, vol. 13, no. 1, pp. 79-97, 2014.

R. S. Pressman dan B. R. Maxim, Software engineering : apractitioner's approach, 8th penyunt., New York: McGraw-Hill Education, 2015.

F. Sullyanto, K. Ghazali dan S. , “Sistem Informasi Pemesanan Seragam Sekolah Pada CV. Lima Saudara Palembang Berbasis Web,” Jurnal Ilmiah Informatika Global, vol. 8, no. 2, pp. 49-53, 2017.

A. Widodo dan S. , “Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web Pada CV. Laboindo Intimedika Semarang,” JOINS (Journal of Information System), vol. 2, no. 1, pp. 88-99, 2017.

R. A. Sukamto dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek., Bandung: Informatika, 2014.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3853

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

  

JOINS (Journal Of Information System) licensed by Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License