Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Prioritas Proyek

Dilla Kardila, Indra Ranggadara

Abstract


Laksakusuma Arsitek bergerak dalam bidang jasa arsitektur dan interior. Dalam pelaksanaanya seiring dengan berjalannya waktu jumlah proyek yang ditangani tidak memperhatikan ketersediaan sumber daya yang menjadi faktor utama dalam penentuan prioritas. Prioritas dibutuhkan oleh sebuah organisasi untuk mencapai sebuah tujuan. Diperlukan manajemen prioritas yang baik untuk membantu mengelola proyek sesuai dengan waktu yang telah ditentukan demi mencapai keberhasilan dalam sebuah proyek. Analytical Hierarchy Process(AHP) sebuah metode yang dapat membantu dalam menentukan prioritas yang melibatkan beberapa kriteria dan beberapa alternatif. Dalam penelitian ini, Analytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan prioritas proyek, yang didalamnya terdapat beberapa kriteria  masalah yang menjadi dasar pertimbangan diantaranya biaya, jadwal, resource, material, dan rancangan. Dengan beberapa alternatif diantaranya konstruksi desain dan renovasi. Hasi yang diperoleh dalam menentukan prioritas proyek ini dengan nilai 0,510 dengan pilihan alternatif konstruksi.


Full Text:

PDF

References


S. Putri et al., “Rencana kegiatan proyek yang baik serta pengendalian dalam pelaksanaannya yang efisien dapat menentukan keberhasilan suatu pelaksanaan proyek . Biaya , mutu dan waktu diperhatikan dalam perencanaan dan pengendalian yang dikelola suatu proyek konstruksi .â€

S. Sumiyatun and R. Wardoyo, “Kombinasi Metode Anp Dan Topsis Dalam Menentukan Prioritas Media Promosi Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Stmik Akakom Yogyakarta),†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 1, no. 2, pp. 21–27, 2016.

R. Ardiansyah, M. A. Muslim, and R. N. Hasanah, “Analisis Metode Fuzzy Analytical Network Process untuk Sistem Pengambilan Keputusan Pemeliharaan Jalan,†J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 122–128, 2016.

A. Prakoso and N. Negoro, “Analisa Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Wardah Dengan Pendekan SWOT-AHP (Analytic Hierarchy Process),†J. Sains dan Seni ITS, vol. 6, no. 1, pp. 62–67, 2017.

D. N. Ilham and S. Mulyana, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Tempat PKL mahasiswa dengan Menggunakan Metode AHP dan Borda,†IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 11, no. 1, p. 55, 2017.

Rajamuddin, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Untuk Memilih Dosen Berprestasi Menggunakan Metode AHP,†Progress, vol. 7, no. 2, pp. 71–78, 2015.

D. Monita, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS Diterbitkan Oleh : STMIK Budi Darma Medan Diterbitkan Oleh : STMIK Budi Darma Medan,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. III, no. April, pp. 29–36, 2013.

M. Moedjiono, N. R. Kurnianda, and A. Kusdaryono, “Decision Support Model for User Submission Approval Energy Partners Candidate Using Profile Matching Method and Analytical Hierarchy Process,†Sci. J. Informatics, vol. 3, no. 2, pp. 197–206, 2016.

I. Ranggadara and R. Sahara, “Analytical Hierarchy Process Algorithm Approach for Determining Best Employee (Case Study IT Company in Jakarta),†Int. J. Comput. Sci. Mob. Comput., vol. 6, no. 12, pp. 59–64, 2017.

G. M. Azza and A. Dores, “Sistem Informasi Manajemen Marketing Tools Serta Penerapan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process) Pada Proses Uji Kualitas Barang (Studi Kasus : PT Edi Indonesia),†J. Cendikia, vol. XVI, pp. 107–114, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i1.3490

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 740 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

  

JOINS (Journal Of Information System) licensed by Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License