Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Berita pada PT TV Kampus Udinus Semarang

Rizal Firdaus, Agus Winarno

Abstract


Media informasi masa kini sangatlah penting, media informasi dapat menjadi suatu wadah bagi manusia untuk mendapatkan informasi, bertukar pikiran dan bertinteraksi satu sama lainnya. Salah satu media informasi adalah berita, berita merupakan laporan cepat suatu peristiwa atau kejadian yang faktual. PT Televisi Kampus Udinus (TVKU) Semarang merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dalam bidang penyiaran dan jasa. PT TVKU dalam melakukan mengelola berita sudah menggunakan alat bantu komputer, yaitu dalam melakukan pengolahan berita, pengolahan jurnalis, pemrosesan berita dan pembuatan laporan yang masih dilakukan dengan cara manual, akan tetapi PT TVKU belum memiliki system pengelolaan berita yang dapat mengintegrasikan setiap proses bisnis yang terjadi. Dari permasalahan tersebut maka perlu terciptanya suatu system informasi yang dapat melakukan pengelolaan berita secara baik, untuk membangun system informasi tersebut menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan digabungkan dengan beberapa tools untuk merancang system yaitu dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML), untuk bahasa pemrograman menggunakan Hypertext  Preprocessor  (PHP), dan untuk penyimpanan data menggunakan MySQL sebagai Database Management System (DBMS). Hasil penelitian ini adalah terciptanya system informasi pengelolaan berita yang dapat mengintegrasikan data yang diharapkan mampu membantu kinerja dari PT TVKU Semarang dalam mengelola berita.

Full Text:

PDF

References


I. P. Setiawan and N. Miyono, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berita Berbasis Web (Studi Kasus Kantor Redaksi Koran Wawasan)”, vol. 2013, pp. 9–16, 2013.

J. Martin, “Rapid Application Development”, Macmillan., 1991.

N. Hidayati and M. Informatika, “Penggunaan Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Program Simpan Pinjam Pada Koperasi”, vol. 2, no. 2, pp. 87–97, 2018.

D. A. Arista et al., “Pengembangan sistem informasi manajemen aset dengan metode rappid applicaton development,” no. 12, 2010.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, “Pengantar Unified Modeling Language (UML),” IlmuKomputer.com, pp. 1–13, 2003.

A. B. Warsito, I. Handayani, and Y. Dewi, “Sistem Berita Online Berbasis Web Pada,” pp. 6–7, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i1.3139

Article Metrics

Abstract view : 431 times
PDF - 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

  

JOINS (Journal Of Information System) licensed by Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License