Rancang Bangun Sistem Informasi Hasil Perikanan (SIHasper) Di Kabupaten Cilacap

Oto Prasadi, Abdul Rohman Supriyono

Abstract


Data sumberdaya perikanan dan lingkungan di Kabupaten Cilacap belum diolah dan disusun dengan baik yang mengakibatkan kurang atau lambatnya informasi yang diterima oleh para pelaku dalam sistem perikanan, serta pemanfaatan teknologi yang belum maksimal dalam pengolahan data tersebut, sehingga sangat dibutuhkan suatu Sistem Informasi Hasil Perikanan (SIHasper) di Kabupaten Cilacap, agar penyampaian suatu informasi menjadi lebih baik dan dapat diakses dengan cepat oleh seluruh pelaku sistem perikanan dan mempermudah dalam pengambilan suatu keputusan guna pembangunan bidang perikanan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem hasil perikanan dan merancang sistem teknologi informasi yang terintegrasi berbasis web di Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu studi referensi dengan metode deskriptif komparatif, kemudian metode dalam membangun sistem dilakukan dengan menggunakan The Waterfall Model. Analisis pengembangan sistem informasi bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem yang efektif berdasarkan kebutuhan informasi para pengguna dengan membuat database, perancangan user interface (antarmuka) aplikasi, dan menyusun script bahasa pemrograman (coding). Dengan adanya sistem informasi ini dapat memberikan kemudahan kepada pengguna dalam pengelolaan dan pencarian data sumberdaya perikanan, lingkungan, dan teknologi perikanan di Kabupeten Cilacap. Dari hasil verifikasi yang dilakukan menghasilkan sistem dapat bekerja sesuai dengan yang direncanakan, adapun perbaikan akan dilakukan dalam proses pemeliharaan

Full Text:

PDF

References


E. Syafruddin, G. Maskie, and Y. P. Pratama, “Kajian Operasional Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dan Kesejahteraan Masyarakat Nelayan (Studi Kasus Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan),†JIEP, vol. 14, no. 2, pp. 38–57, 2014.

B. T. Simarmata, “Kemampuan Pelelangan Hasil Tangkapan Oleh Pengelola Tempat Pelelangan Ikan Di Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Angke, Jakarta,†SKRIPSI, p. 139, 2011.

K. Handoyo, “Sistem Informasi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perikanan Tangkap di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat,†SKRIPSI, p. 130, 2011.

R. A. U. Bakarus, “Sistem informasi pengelolaan sumberdaya dan lingkungan perikanan tangkap di palabuhanratu, sukabumi,†SKRIPSI, p. 46, 2015.

A. Syarwani, I. Mahyudin, and S. E. Mahreda, “Kajian Pengembangan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Di Sentra Kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Kintap Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan,†EnviroScientea, vol. 12, no. 2, pp. 69–77, 2016.

N. R. Pambudi, “Fungsi Tempat Pelelangan Pelabuhan Ikan Pelabuhan Nusantara Prigi Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek,†AntroUnairdotnet, vol. VI, no. 3, pp. 428–436, 2017.

R. G. S, I. Much, I. Subroto, and M. Taufik, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelelangan Ikan Berbasis Web Pada Tempat Pelelangan Ikan Kabupaten Situbondo Jawa Timur,†J. Transistor Elektro dan Inform., vol. 1, no. 2, pp. 22–36, 2016.

N. Lumaningsih and Sukadi, “Rancang Bangun Aplikasi Pendataan Pelelangan Ikan Berbasis Web Pada TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Pacitan,†IJNS-Indonesian J. Netw. Secur., pp. 1–7, 2015.

O. Prasadi, “Pemanfaatan Lahan Sempit Sebagai Tempat Budidaya Ikan Cupang Di Mertasing, Cilacap,†E-DIMAS, vol. 10, no. 1, pp. 83–88, 2019.

P. Agarwal, A. Singhal, and A. Garg, “SDLC Model Selection Tool and Risk Incorporation,†vol. 172, no. 10, pp. 6–10, 2017.

V. Massey, “Comparing Various SDLC Models And The New Proposed Model On The Basis Of Available Methodology,†vol. 2, no. 4, pp. 170–177, 2012.

N. Utariningsih, “Sistem Informasi Sumberdaya Perikanan Berbasis Mobile Web (Kasus: Ikan Swanggi Priacanthus tayenus yang di Daratkan di PPP Labuan, Banten).,†SKRIPSI, p. 93, 2012.

B. Wardono and U. P. Budi, “Rancang Bangun Kebijakan Pengembangan Budidaya Lele Melalui Pendekatan Model Dinamik,†J. Kebijak. Sosek KP, vol. 3, no. 2, pp. 153–163, 2013.

U. Tangke, “Pemanfaatan sistem informasi perikanan dalam pengelolaan sumberdaya,†J. Ilm. Agribisnis dan Perikan., vol. 4, no. 2, pp. 52–59, 2011.

O. Prasadi, I. Setyobudiandi, N. A. Butet, and S. Nuryati, “Karakteristik Morfologi Famili Arcidae di Perairan yang Berbeda ( Karangantu dan Labuan , Banten ),†J. Teknol. Lingkung., vol. 17, no. 1, pp. 29–36, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v4i2.3072

Article Metrics

Abstract view : 590 times
PDF - 625 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

  

JOINS (Journal Of Information System) licensed by Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License