Perancangan Sistem Inventory dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus PT XYZ)

Billy Anderson Matjik, Johanes Fernandes Andry

Abstract


Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju maka ini dapat dikembangkan untuk meningkatkan pengolahan data inventaris dan performa dari perusahaan.PT Xyz adalah salah satu perusahaan di indonesia yang mampu melayani pelaksanaan proyek dan interior desain untuk furniture. Dengan bertambahnya jumlah product yang harus diproduksi maka perusahaan mendapatkan masalah dalam mendapatkan informasi tentang bahan yang tersedia dalam gudang dengan adanya sistem maka informasi yang didapatkan akan lebih cepat dan membuat proses pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih baik. Dalam pengembangan sistem inventori harus memiliki beberapa fitur seperti form barang, form data client,form supplier, form gudang dan pemindai QR Code dikarenakan perusahaan membutuhkan sistem dengan waktu yang cepat dan mungkin ada perubahan selama pengembangan maka metode yang digunakan dalam pengembangan sistem inventori menggunakan rapid application development. Sistem inventori yang di rancangan dapat membantu proses pendataan barang,mempermudah proses pembuatan surat jalan dan membuat laporan produksi maupun laporan jumlah barang digudang. Sistem inventori ini dikembangkan dengan sistem desktop dengan menggunakan C# dan mobile dengan menggunakan java dan kedua sistem diintegrasikan pada rest api yang menggunakan golang dan basis data menggunakan mysql.


Full Text:

PDF

References


T. Gumelar, R. Astuti, and A. T. Sunarni, “Sistem Penjualan Online Dengan Metode Extreme Programming,†vol. 9, no. 2, pp. 87–90, 2017.

S. Monalisa, P. . Putra, and F. Kurnia, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Obat Pada Rumah Sakit Jiwa Tampan Berbasis Web,†Query J. Inf. Syst., vol. 5341, no. October, pp. 58–65, 2018.

D. Kurniawan and N. Y. Utami, “Sistem Inventory Jurusan Ilmu Komputer di Universitas Lampung,†pp. 18–26.

A. Dennis, B. H. Wixom, and R. M. Roth, System Analysis & Design, 5th ed. 2014.

S. Aswati and Y. Siagian, “Model Rapid Application Development,†Sesindo, pp. 317–324, 2016.

R. Delima, H. B. Santosa, and J. Purwadi, “Development of Dutatani Website Using Rapid Application Development,†IJITEE (International J. Inf. Technol. Electr. Eng., vol. 1, no. 2, pp. 36–44, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v4i2.3035

Article Metrics

Abstract view : 459 times
PDF - 606 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

  

JOINS (Journal Of Information System) licensed by Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License