Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web Pada CV. Laboindo Intimedika Semarang

Ananto Widodo, Suharnawi Suharnawi

Abstract


Dalam penjualan yang dilakukan oleh CV.Laboindo dimana saat ini masih dirasa belum dapat bersaing secara ketat. Perkembangan era globalisasi memaksa perusahaan untuk berlomba-lomba di dalam hal menghasilkan informasi yang lebih baik guna meningkatkan penjualannya. CV. Laboindo Intimedika adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan bahan–bahan laboratorium yang biasanya digunakan oleh rumah sakit untuk melakukan pengecekan–pengecekan laboratorium sebagai kebutuhan medis.karena CV.Laboindo masih menggunakan media penyampaian informasi yang sederhana seperti via telpon ataupun mejemput bola dari pembeli yang mengunjungi CV. Laboindo Intimedika, sehingga memunculkan beberapa kendala. Untuk memperluas pemasaran jangkaunnya dibutuhkan penerapan teknologi informasi berbasis internet dan dalam kegiatan penjualan alat-alat serta bahan laboratorium CV. Laboindo masih belum menggunakan e- commerce dalam strategi penjualannya dengan demikian masih minimnya ruang lingkup pemasarannya serta dalam menginformasikan produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah informasi penjualan berbasis web agar dapat diakses siapa saja, kapan saja dan dimana saja serta memudahkan transaksi penjualan yaitu dengan menggunakan penjualan online. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Web Engineering dimana memiliki beberapa tahapan, diantara lain: Communication (Komunikasi), Planning (Perencanaan), Modelling (Pemodelan), Construction (Pembangunan) dan Deployment (Penyebaran). Dengan adanya Web ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan serta mempermudah transaksi jual-beli.

Kata kunci Sistem Informasi, Web Engineering, Unified Modeling Language (UML).

 

In the sales CV.Laboindo which is still deemed not to compete strictly. The development of globalization is forcing companies to compete in terms of generating better information to improve sales. CV. LaboindoIntimedika is a company engaged in the sale of laboratory materials that are usually used by the hospital for check-laboratory.CV.Laboindo still using simple information delivery media such as via telephone or mejemput ball from buyers who visited the CV. LaboindoIntimedika, which raises several problems. Jangkaunnya required to expand the marketing of Internet-based information technology application and in the activities of sales tools and laboratory materials CV. Laboindo still not using e-commerce in sales strategy thus still lack the scope of marketing as well as in informing the products owned by the company. The purpose of this study is to develop a web-based sales information to be accessible to anyone, anytime and anywhere as well as facilitate sales transactions by using online sales. The method used in this research is to use Web Engineering method which has several stages, among others: Communication (Communication), Planning (Planning), Modelling (Modelling), Construction (Construction) and Deployment (Deployment). With the Web is expected to increase sales and facilitate transactions.

KeywordsInformationSystems,  Web Engineering, Unifid Modeling language(UML).

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v2i1.1466

Article Metrics

Abstract view : 704 times
PDF - 464 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: