Prediksi Produksi Debit Air Minum Per Bulan Dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation ( Studi Kasus : PDAM Tirta Moedal Semarang )

Monica Amadea, Agus Winarno

Abstract


PDAM Tirta Moedal Semarang sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia air minum belum memperhatikan dengan baik keseimbangan produksi air dengan kebutuhan konsumen. Sehingga sering terjadi produksi yang sangat berlebihan bila dibandingkan dengan permintaan setiap bulannya. Dari penelitian ini diharapkan dapat membantu PDAM Tirta Moedal Semarang dalam menyeimbangkan produksi air dengan permintaan konsumen. Metode yang digunakan yaitu Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Data yang digunakan dalam penelitian ini fokus pada data rekapitulasi penggunaan air oleh customer setiap bulan. Analisa data dilakukan dengan metode Jaringan Syaraf Tiruan menggunakan software Matlab 8.1.0. Arsitektur jaringan terbaik yang dihasilkan oleh pelatihan jaringan adalah percobaan 2 dengan nilai Mean Squared Error (MSE) terkecil adalah 3531665.852. dan persentase error 0.023%.

Kata Kunci:Jaringan Syaraf Tiruan,  Backpropagation, Mean Squared Error, Prediksi, Matlab


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v1i01.1169

Article Metrics

Abstract view : 463 times
PDF - 1367 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: