PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK ME- REPOSITIONING KOSTI SEMARANG

Diqiah Fathurrahman Hasri, Dwi Puji Prabowo

Abstract


Kota Semarang merupakan salah satu kota yang terpadat lalu lintasnya, dalam waktu yang sibuk hampir dapat dilihat kemacetan di sekitar kota Semarang. Masyarakat kota Semarang lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi dan jasa transportasi online dalam kehidupan sehari – hari. Jasa transportasi seperti taksi konvensional telah lama beroperasi di kota Semarang. Salah satunya taksi Kosti Semarang, Kosti Semarang merupakan perusahaan taksi yang telah berdiri sebelum adanya jasa transportasi online. Namun hingga saat ini masyarakat kota Semarang belum mengetahui perubahan positioning Kosti Semarang yang dulunya taksi konvensional kini merambah ke taksi online. Oleh karena itu perlu dilakukannya perancangan media komunikasi visual untuk Kosti Semarang sebagai strategi dalam memberikan informasi perubahan positioning tersebut. Perancangan ini menggunakan metode campuran, penggabungan metode kualtitatif dan kuantitatif. Data yang didapatkan menggunakan metode studi pustaka, wawancara, observasi, dokumentasi dan penyebaran angket kepada customer Kosti Semarang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode SWOT. Dari kesimpulan analisis SWOT maka terpilih strategi dalam upaya untuk menginformasikan perubahan positioning Kosti Semarang adalah dengan memberikan informasi mengenai kerjasama antara perusahaan Grab dan Kosti Semarang, sehingga masyarakat kota Semarang dapat mengetahui akan informasi tersebut, melalui pemanfaatan media sosial agar dapat diakses oleh khalayak luas. Pemilihan Media yang digunakan adalah media sosial, poster, flyer, dan stiker kendaraan. Visualisasi media menggunakan pemanfaatan foto dan elemen desain

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. 2014. Nobody knows brand strategy better than, Morgan James Publishing. New York.

Aaker, David. 2015. Aaker on Branding, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Raja Grafindo

Persada. Jakarta

Dameria, Anne. 2007. Color Basic, Link & Match. Graphic. Jakarta.

Dinas Perhubungan Jawa Barat, 2013. Manfaat Transportasi Secara Ekonomi: http://dishub.jabarprov.go.id/artikel/view/221.html diakses pada tanggal 1 Oktober 2019.

Delgado, E., Munuera, J.L. 2005. Does Brand Trust Matter To Brand Equity, Journal of Product and Brand Management, Vol. 14, Devito, Joseph, London.

Gani dan Kusumalestari. 2014. Jurnalistik Foto: Suatu Pengantar, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Kaputa, Chatherine. 2011. You Are A Brand, Gagas Media, Jakarta. Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Pfoertxch, Waldemar. 2008. B2B Brand Management, PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Principles of Marketing; 14th Edition, Prentice Hall, New Jersey




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v1i03.3373

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF - 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0