Strategi Re-Branding Destinasi Wisata Tkl Eco-Park Untuk Meningkatkan Tren Kunjungan

Dwi Susanti, Annisa Zafirah

Abstract


Proses re-branding diperlukan sebagai sebuah strategi suatu merek atau organisasi untuk bertahan di antara perubahan industri yang sangat cepat. Pariwisata sebagai salah satu yang industrinya bergerak begitu cepat juga harus berdapatasi dengan perubahan yang ada. Taman Kyai Langgeng adalah salah satu tempat wisata keluarga yang ada di Magelang melakukan proses re-branding untuk terus meningkatkan tren kunjungan wisatawan yang mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses re-branding yang dilakukan oleh Taman Kyai Langgeng dalam mengubah nama, logo, tata kelola juga produk yang ada di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam kepada informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan proses re-branding, pengelola Taman Kyai Langgeng menggunakan beberapa transformasi, yaitu: brand image transformation, bussines model transformation, dan financial transformation. Strategi re-branding Taman Kyai Langgeng yaitu melakukan beberapa pembenahan baik dari segi tata kelola juga manajemen keuangannya, tidak hanya itu TKL juga melakukan perubahan pada image yang dibentuk Taman Kyai Langgeng menjadi lebih segar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.7847

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.