ANALISIS TINDAK TUTUR HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 4 SEMARANG DALAM MENSOSIALISASIKAN SOP TENTANG REKOMENDASI IBU HAMIL (STUDI KASUS IBU MELAHIRKAN DI KA KERTAJAYA LEBARAN)

Putri Tiara Loka, Devi Purnamasari

Abstract


Asbtrak
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki berbagai macam pedoman yang digunakan untuk
mengimplementasikan 4 pilar perusahaan. Khususnya adalah Keselamatan, Ketepatan Waktu,
Keamanan dan Kenyamanan. Salah satu peraturan yang di publikasikan adalah peraturan khusus
untuk ibu hamil sebagai pedoman keselamatan bagi penumpang. Umumnya, penumpang
ibu hamil yang menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan kereta api. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses sosialisasi SOP No. 1/KS.102/II/
MMH/9001/2017 yang dilakukan Humas kepada ibu hamil tentang peraturan perusahaan
dengan menggunakan teori tindak tutur. Penelitian ini menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori
tindak tutur milik John Searle. Hasil penelitian menunjukan bahwa Humas dapat menyampaikan
tuturan dengan jelas kepada penumpang. Tindak tutur lokusi menyampaikan pernyataan isi
tertentu untuk mendapatkan hubungan kerja sama yang baik dengan penumpang. Tindak
tutur ilokusi disampaikan melalui berbagai media, antara lain media massa, media audio visual
berupa KA TV, kegiatan Humas seperti himbauan dari announcer, talkshow dan jumpa pers
serta iklan media massa berupa roll banner, dan spanduk di stasiun. Tindak tutur perlokusi
memberikan hasil bahwa dominasi penumpang paham dan melaksanakan sesuai dengan
peraturan yang telah dibuat oleh perusahaan.


Kata Kunci : PT. KAI (Persero), Tindak Tutur,  Sosialisasi

 

Abstract
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) has a variety of guidelines that are used to implement the
4 pillars of the company. Especially is Safety, Timeliness, Security and Comfort. One of the
regulations published is a special regulation for pregnant women as a safety guideline for
passengers. Generally, passengers of pregnant women who travel long distances by train. The
purpose of this study was to find out how the process of socializing SOP No. 1 / KS.102 / II /
MMH / 9001/2017 conducted by PR to pregnant women about company regulations using
speech act theory. This research uses interview, observation and documentation methods. The
theory used in this study uses John Searle's theory of speech acts. The results of the study show
that Public Relations can convey speech clearly to passengers. Location speech acts convey
certain content statements to get a good working relationship with passengers. Illocutionary
speeches were delivered through various media, including mass media, audio-visual media
in the form of TV trains, public relations activities such as appeals from announcers, talk
shows and press conferences and mass media advertisements in the form of roll banners, and
banners at stations. Perlokusi speeches result that the dominance of passengers understands
and executes in accordance with the regulations made by the company.

Keywords: PT. KAI (Persero), Speech Acts, Socialization


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.2696

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 690 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.