ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP IKLAN SAMPOERNA A MILD HIJAU EDISI DATENG KONDANGAN

Sony Wicaksono

Abstract


Abstrak
Iklan adalah sarana komunikasi persuasif yang bertujuan mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan jasa
atau barang. Oleh karenanya, diperlukan sebuah iklan efektif untuk mampu meyakinkan dan mempersuasi
khalayak. Peneliti memfokuskan pada iklan rokok Sampoerna A Mild Hijau karena merupakan salah satu produk
yang terkenal dan terkemuka di Indonesia. Dalam iklan Sampoerna A Mild Hijau edisi Dateng Kondangan,
terdapat beberapa simbol atau tanda yang disampaikan secara tersirat melalui teks, audio, maupun visual
yang didalamnya sebenarnya melibatkan brand atau kompetitor lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
melihat pemaknaan simbol-simbol iklan Sampoerna Hijau versi “Dateng Kondangan†dalam kajian semiotika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis
semiotik model Roland Barthes. Lewat model Roland Barthes, peneliti mampu mengungkap makna denotasi,
konotasi, dan mitos. Penelitian ini menemukan data bahwa iklan tersebut menggambarkan persaingan
produk rokok di Indonesia yang diwakili oleh brand kompetitor dimana asosiasi warna merah (Gudang Garam
Merah), warna coklat (Djarum Coklat), dan hijau (Sampoerna Hijau).


Kata Kunci : Semiotika, Iklan Sampoerna, Iklan


Abstracts
Advertising is the medium of  persuasive communication that aims to influence people to use services
or goods. Therefore, an effective advertisement is required to be able to convince and persuade audiences.
The researcher focused on Sampoerna A Mild Green cigarette advertisement because it is one of the famous
and leading products in Indonesia. There are brand competitor’s symbols and signs that implicitly projected
throughout the text, audio and visual contents.The aim of this research is to depict the symbols’s meanings of
this advertisement. This research uses qualitative approach. The research method used is semiotic analysis
method of Roland Barthes model. Through the model Roland Barthes, researchers are able to uncover the
meaning of denotation, connotation, and myth. This research finds the data that the advertisement describes
competition of cigarette product in Indonesia represented by competitor brand where red color association
(Gudang Garam Merah), brown color (Djarum Coklat), and green (Sampoerna Hijau).


Keywords: Semiotics, Sampoerna Advertisement, Advertisement


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.2683

Article Metrics

Abstract view : 1261 times
PDF - 870 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.