ADAPTASI TEORI DIFUSI-INOVASI DALAM GAME “YUK BENAHI†DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKASI SMCR

Toto Haryadi

Abstract


Abstrak
Kerusakan lingkungan merupakan permasalahan bagi semua negara, termasuk Indonesia. Berbagai upaya
dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, salah satunya dengan menggunakan teknologi baru.
Game edukasi “Yuk Benahi†yang merupakan sebuah bentuk dari alat untuk kampanye peduli lingkungan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk memetakan adopsi teknologi tersebut dengan
pendekatan komunikasi SMCR. Penelitian ini juga menggunakan konsep adaptasi teori Difusi-inovasi untuk
melihat peluang pemanfaatan game sebagai media baru dalam kampanye peduli lingkungan. Hasil dari
penelitian ini yaitu pemanfaatan game sebagai media baru dalam mengkomunikasikan pesan-pesan sosial
kepada masyarakat, sehingga memberi peluang pihak lain untuk mengembangkan media yang bisa diterima
masyarakat, sesuai dengan kondisi dan situasi saat ini.   Game edukasi “Yuk Benahi†menjadi media baru
sebagai inovasi untuk menghindari kebosanan terhadap media konvensional sekaligus menanamkan rasa
peduli lingkungan sejak dini.
Kata Kunci: difusi, inovasi, game, komunikasi, SMCR


Abstract
Environmental damage is a problem for all countries, including Indonesia. Various efforts are made to solve
the problem, one of them by using new technology. The “Yuk Benahi†educational game which is a form of tool
for an environmentally-aware campaign. This research uses qualitative method and to map the adoption of
the technology with SMCR communication approach. This research also uses the concept of adaptation of the
theories of Diffusion-innovation to see the opportunity of game utilization as a new media in environmentally
care campaign. The result of this research is the utilization of game as new media in communicating social
messages to the society, thus giving other party opportunity to develop media that can be accepted by society,
according to current condition and situation. Educational game “Yuk Benahi†becomes a new media as an
innovation to avoid boredom against conventional media as well as inculcate the sense of environmental care
early on.
Keywords: diffusion, innovation, game, communication, SMCR


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.2678

Article Metrics

Abstract view : 365 times
PDF - 8803 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.