Perancangan Media Edukasi Mitigasi Bencana dengan Pendekatan Desain Partisipatif di Kecamatan Bojongsoang

Authors

  • Rahmatsyam Lakoro Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember https://orcid.org/0000-0002-2375-6826
  • Agus Sachari Institut Teknologi Bandung
  • Agung Eko Budiwaspada Institut Teknologi Bandung
  • Setiawan Sabana Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4156

Abstract

Abstrak Kawasan Sungai Citarum di Jawa Barat memiliki karakteristik bencana hidrometeorologi yang khas terkait kualitas air. Edukasi kesiapsiagaan dan pengetahuan tentang bencana menjadi hal yang mutlak, dikaitkan dengan siklus manajemen bencana, yaitu pada tahap pra-bencana. Kelompok budaya yang berbeda memiliki kepercayaan yang berbeda-beda pula tentang bagaimana menghadapi bencana, sehingga seringkali merespon sebuah fenomena bencana dengan cara yang tidak diduga oleh masyarakat modern. Pendekatan desain partisipatif digunakan untuk melakukan edukasi bencana dengan nilai-nilai setempat pada masyarakat Sunda khususnya Kecamatan Bojongsoang. Pelibatan partisipan dari kelompok protagonis memungkinkan pesan dikembangkan, diproduksi dan didistribusikan oleh masyarakat setempat. Pengembangan media poster, animasi, poster digital berbasis media sosial dan buku memiliki karakteristik yang berbeda sehingga penelitian ini juga dapat menemukan rekomendasi strategi media dan metode desain yang spesifik-tempat untuk kampanye edukasi bencana hidrometeorologi. Konsep yang lahir dari penelitian kemudian digunakan sebagai rekomendasi untuk melakukan proses desain berikutnya terkait metode dan pendekatan desain, desain visual, serta strategi media untuk menyampaikan pesan pada khalayak sasaran. Kelompok protagonis dilibatkan dalam distribusi pesan pada masyarakat di daerahnya. Pengetahuan dan pengalaman partisipan yang berada di lingkungan komunitasnya memperkaya desain, produk komunikasi, dan pendekatan dalam konten edukasi yang ditampilkan dalam kampanye sosial. Kata Kunci: desain partisipatif, media edukasi, mitigasi bencana AbstractThe Citarum River area in West Java has typical hydrometeorological disaster characteristics related to water quality. Education on disaster preparation and knowledge are essential, linked to the disaster management cycle, as part of the pre-disaster stage. Different cultural groups have different beliefs about the concepts of dealing with disaster, so they often respond to a catastrophic phenomenon in ways that modern society does not expect. The participatory design approach was used to implement disaster education with local values in the Sundanese community, especially in Bojongsoang Regency. The involvement of participants from the protagonist group allows messages to be developed, produced, and distributed by the community. The development of media posters, animations, digital posters based on social media and books have different characteristics that can also find strategic recommendations on media and design methods that are site-specific for hydrometeorological disaster education campaigns. The concept was born from the research is then used as a recommendation to carry out the next design process related to design methods and approaches, visual design, and media strategies to convey the message to the target audience. The protagonist group is also involved in the distribution of information to the community in the area. Participants’ knowledge and experience in their living space, enrich the design, communication products, and educational content in the social campaign. Keywords: disaster education, educational media, mitigation, participatory design

Author Biography

Rahmatsyam Lakoro, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Doctoral Student of Faculty of Art and Design, Institut Teknologi Bandung

References

BNPB, P. (2019). Trend Bencana 2013-2017. January, 23. https://bnpb.go.id/trend-bencana-2013-2017

Dale, E. (1946). Audio-Visual Methods in Teaching. Dryden Press.

De-Marcos, L., Garcia-Lopez, E., & Garcia-Cabot, A. (2016). On the effectiveness of game-like and social approaches in learning: Comparing educational gaming, gamification & social networking. Computers and Education, 95, 99–113.

Ehrenreich, J. H. (2001). Coping with disasters - A Guidebook to Psychosocial Intervention (Revised Ed, Vol. 11568). Sharon McQuaide, M.S.W., Ph.D. Clinical Consultant.

Greenwood, D. J., & Levin, M. (2007). Introduction to Action Research (2nd editio). Sage Publication, inc.

Irwandi, E., Sabana, S., Kusmara, A. R., & Sanjaya, T. (2020). Respon Warga Terhadap Perubahan Visual. 06(02), 187–203.

Khoirul M, A. (2019). Berkat Pelajaran Geografi, Gadis 10 Tahun Ini Selamatkan 100 Nyawa Lebih dari Tsunami. https://intisari.grid.id/read/031672077/berkat-pelajaran-geografi-gadis-10-tahun-ini-selamatkan-100-nyawa-lebih-dari-tsunami?page=all

Lunenfeld, P. (2003). The Design Cluster. In B. Laurel (Ed.), Design Research, Methods and Perspective.

Smith, R. C., & Iversen, O. S. (2018). Participatory design for sustainable social change. Design Studies, 59, 9–36.

Wim Westera. (2015). Reframing the Role of Educational Media Technologies. Quarterly Review of Distance Education, 16(2), 19–32.

Downloads

Published

2024-07-03