PENGARUH DESAIN POST INSTAGRAM TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK UMKM KEDAI KOPI DI KABUPATEN SLEMAN

Dian Prajarini, Dwisanto Sayogo

Abstract


Abstrak

Media sosial yang bisa digunakan untuk pemasaran produk adalah Instagram. Dua jenis konten Instagram yaitu foto dan video menarik orang untuk melakukan tindakan like, comment dan share. Perkembangan UMKM Kopi dengan banyaknya usaha yang sama, memerlukan promosi yang baik untuk menarik minat konsumen. Melalui Instagram, UMKM Kopi bisa memasarkan produk mereka. Desain post Instagram memberi pengaruh tersendiri terhadap pelanggan maupun follower mereka salah satunya minat pembelian. Penggunaan foto, ilustrasi, gambar, teks iklan, bahkan video dalam konten Instagram digunakan untuk menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh desain post Instagram terhadap minat pembelian produk UMKM Kopi di Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh desain feed instagram terhadap minat pembelian produk UMKM Kopi di Kabupaten Sleman. Gambar, warna, copy writing dan call to action merupakan komponen desain post Instagram yang memberikan kontribusi terhadap minat pembelian adalah sebesar 29,4% dan sisanya 70,6% minat pembelian dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.  

 

Kata Kunci: desain, post, Instagram, UMKM, kopi, Sleman 

 

Abstract

Instagram is the Social media that can be used for product marketing. Two types of Instagram content that attracted people to like, comment, and share were photos and videos. The development of coffee MSMEs with the same number of businesses requires good promotion to attract consumer interest. Through Instagram, coffee MSMEs can market their products. Instagram feed design has a distinct influence on their customers and followers, one of them is purchase interest. This study aims to determine and analyze the effect of Instagram feed design on the purchase interest of MSMEs Coffee products in the Sleman. The research method used is quantitative methods with data analysis using simple linear regression. The results indicate that there is an effect of Instagram feed design on the interest in purchasing coffee MSME products in Sleman. Image, color, copywriting, and call to action are feed-design components that contribute 29.4% of purchase interest, and the remaining 70.6% of purchase interest influenced by other factors not examined in this study.

 

Keywords: design, post, Instagram, MSMEs, coffee, Sleman


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Reni Nur. (2018). Pengaruh Promosi Kafe Sobahollic Di Instagram Terhadap Minat Berkunjung (Survey Di Kalangan Follower Kafe Sobahollic Di Instagram). Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Anjaskara, Dian Innes. (2016). Pengaruh Sikap Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Melalui Instagram (Studi Kasus Pada Konsumen Terhadap Minat Beli Melalui Situs Instagram) Attitude. Yogyakarta: Universitas Muhammadiah Yogyakarta

Aprita, Alexander. (2018). 36 Ribu UMKM Di Sleman Berhasil Capai Omzet Rp 300 Juta Per Tahun Artikel Ini Telah Tayang Di Tribunjogja.Com Dengan Judul 36 Ribu UMKM Di Sleman Berhasil Capai Omzet Rp 300 Juta Per Tahun. [Online] (Updated 05 Nov 2018) URL: https://Jogja.Tribunnews.Com/2018/11/05/36-Ribu-Umkm-Di-Sleman-Be. TribunJogja.Com.

Dewi, Adhita Maharani. (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3 (1), pp. 1-22. doi: 10.30737/ekonika.v3i1.78.

Febbyana, Deka Cahya, and Likha Sari Anggreni. (2018). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Minat Berkunjung Konsumen (Studi Kuantitatif Mengenai Pengaruh Kandungan Pesan Foto, Gaya Komunikasi, Dan Kualitas Informasi Pada Akun Instagram Klinik Kopi Terhadap Minat Berkunjung Konsumen Ke Klinik Kopi Di Yogyakarta). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ferdinand, Augusty . (2006). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Sutrisno. (1991). Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM.

Hananto, Brian Alvin. (2019). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media Sebuah Evaluasi Konsistensi Image dan Type Karya Mahasiswa Dalam Mendesain Feed Instagram. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 02, pp. 56-61.

Lubis, Ikhsan Bismo Hidayat, and Arif Wibowo. (2016). Pengaruh Citra Merek , Media Iklan Instagram , Pembelian Produk VANS ( Studi Kasus Pada Followers Twitter @ VHeadID ). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 05(4), pp. 388–401.

Machruf, Bagus, and Sarwo Edy Wibowo. (2018). Peran Media Sosial Instagram Dalam Menarik Wisata Ladang Budaya Tenggarong. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(1), pp. 27–41.

Makhin, Ahmad. (2016). Pengaruh Akun Instagram Javafoodie Terhadap Minat Konsumen Di Studio Kopi (Analisis Regresi Sederhana Terhadap Pengunjung Studio Kopi Di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Poorwaningsih, Sri Wahyuni, Finnah Fourqoniah, Annisa Wahyuni Arsyad. (2019). Pengaruh Konten Instagram @ Smrfoodies. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(1), pp. 154–66.

Sari, Hasrini, and Anggraeni, Lidia. (2019). Peran Tipe Gambar, Tagar, Jumlah Likes Dan Informasi Harga Pada Instagram Terhadap Intensi Membeli. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 14(2), pp. 71-80.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. (2008). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4139

Article Metrics

Abstract view : 5571 times
PDF - 3765 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.