Tinjauan Tampilan Visual Desain Kemasan Roti Murni di Yogyakarta

Authors

  • Sudjadi Tjipto Rahardjo Program Studi Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia – Yogyakarta
  • Rossa Dyana Pramusita Program Studi Desain Komunikasi Visual Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia – Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i02.1205

Abstract

AbstrakKemasan pada saat ini telah mengalami penambahan fungsi dimana kemasan tidak lagi sekedar untuk melindungi dan sebagai wadah, tetapi juga berfungsi sebagai media promosi serta komunikasi sebuah produk. Kini desain kemasan telah menjadi bagian penting dalam proses pemasaran. Penelitian ini mengambil objek kajian kemasan Roti Murni di Yogyakarta yang sudah lama tidak mengalami perubahan desain kemasannya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui latar belakang desain kemasan Roti Murni yang sudah lama tidak mengalami perubahan dan meninjau kemasan kardus Roti Murni dengan teori kemasan Desain Komunikasi Visual. Metodologi penelitian kualitatif digunakan dengan sumber data yang diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Data penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis komponensial menggunakan teori warna, bentuk, ilustrasi, tipografi, dan tata letak menurut Desain Komunikasi Visual. Dari hasil penelitian ditemukan fakta yang menarik bahwa kemasan Roti Murni tidak berubah karena perusahaan tidak memiliki desainer kemasan, dan desain kemasannya tidak secara keseluruhan sesuai dengan teori DKV. Kata kunci: Kemasan, Roti Murni, Tampilan Visual, Yogyakarta  AbstractPackaging at this time is indicating to have some additional functions where the packaging is no longer simply to protect or just as a container of a product inside, but also serves as a media campaign of a product inside. Packaging design then has become an important part of the marketing process. The object of this study is the packaging design used by “Roti Murniâ€, one of bakery companies in Yogyakarta. The packaging design used by “Roti Murni†has been known that it has not been changed since long time ago. The purpose of the study is to determine the background of “Roti Murni†packaging design that has not changed and to review the design of the packaging with the theory of Visual Communication Design. This study is using qualitative research methodology, while the source data analized were obtained by observation and interviews. Data were analyzed with componential analysis techniques using the theory of color, shape, illustration, typography, and layout in Visual Communication Design. The research found an interesting fact that the packaging of “Roti Murni†has not changed since the company does not have packaging designers, and the overall packaging design itself was not designed by using the theory of Visual Communication Design. Keywords: Packaging, Murni Bakery, Visual Review, Yogyakarta

References

Bungin, Burhan.2007.Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya Edisi Kedua.Jakarta: Prenada Media Group.

Danger, EP. 1992.Memilih Warna kemmasan.Jakarta;Institut PPM

Julianti, Sri.2014.The Art of Packaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Krasovec, Sandra A. 2006. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Rustan, Surianto.2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wirya, Iwan.1999. Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Cenadi, Christine Suharto.2000. Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. NIRMANA. Vol 2:92-103.

Lakoro, Rahmatsyam.2002.Studi Komunikasi Visual Pada Kemasan Makanan Ringan. (http://personal.its.ac.id/files/pub/.pdf diakses 9 Mei 2016 pukul 10.45 WIB)

Natadjaja, Listia.2007. Analisa Elemen Grafis Desain Kemasan Indomie Goreng Pasar Lokal dan Ekspor. NIRMANA.Vol 9:20-30.

Prathama, Nico Yudha dan Setianto, Dodi. 2015.Analisis Elemen Visual Kemasan Chiki Snack. Dimensi. Vol 12:241-252.

Downloads

Published

2024-07-04