Implementasi Pbi Pada Media Berbasis Game Untuk Peningkatan Kognitif Siswa Pada Pemrograman Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar, padahal Pemrograman Dasar merupakan materi dasar yang harus dikuasai oleh seluruh siswa program keahlian TKI. Kurangnya minat belajar dan materi yang dirasa sulit oleh siswa menjadi salah satu faktor penyebab masalah ini muncul. Oleh karena itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan model Problem Based Instruction pada multimedia berbasis adventure game. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa multimedia berbasis adventure game dengan mengimplementasikan Problem Based Instruction ini layak digunakan, dengan hasil penilaian rata-rata persentase oleh validasi ahli sebesar 86.85% dan hasil penilaian rata-rata persentase oleh siswa sebesar 89.16% angka ini ada pada kategori sangat baik. Selain itu, multimedia ini juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil pretest dan posttestKata Kunci—Problem Based Instruction, Multimedia berbasis Adventure Game, Kemampuan Kognitif, Pemrograman DasarReferences
S. P. Akhmad, “Sistem Pendidikan Jurusan Sekolah Menengah Kejuruan,†25 Oktober 2017. [Online]. Available: www.akhmadshare.com/2017/10/sistem-pendidikan-jurusansekolah-menengah-kejuruan-smk.html?m=1.
T. Wijaya, “Hubingan Adversity Intelegence dengan Intensi Berwirausaha,†Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 9 No. 2, p. 1, 2007.
Maulana, “Struktur Kurikulum SMK Kurikulum 2013,†12 Desember 2013. [Online]. Available: https://maulanadudu.wordpress.com/tag/struktur-kurikulum-smkkurikulum-2013-bidang-keahlian-bisnis-manajemen/.
Rifky, “The Importance of Algorithms,†17 Oktober 2017. [Online]. Available: https://www.topcoder.com/community/datascience-tutorials/the-importance-of-algorithms.
Rizal, “8 Masalah Dalam Penerapan Kurikulum 2013,†15 Maret 2015. [Online]. Available: https://chirpstory.com/li/236693.
D. Meier, The Accelerated Learning, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2005.
Trianto, M.Pd., Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta: Kencana, 2009.
Munir, MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: ALFABETA, CV., 2012.
Izzac, “Adventure Game,†25 Maret 2014. [Online]. Available: http://tutorialteknologikeuangan.blogspot.com/2014/03/adventuregame.html.
A. Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2011.
Oby, “Pemrograman Dasar,†21 Oktober 2016. [Online]. Available: https://obisharing-center.blogspot.com/2016/10/pengertianpemrograman-dasar.html.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam publikasi ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada SEMNASTIK 2019 sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan SEMNASTIK 2019 sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di SEMNASTIK 2019.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).