Literasi Sains Kura-Kura dengan Realitas Tertambah untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Kura-kura merupakan hewan yang sangat rentan mengalami kepunahan. Penelitian ini membangun aplikasi realitas bertambah untuk objek kura-kura sebagai materi literasi sains untuk siswa sekolah dasar. Â Aplikasi telah dibangun menggunakan perangkat lunak Unity 3D dengan bahasa pemprograman C#, dan Vuforia. Melalui pembelajaran dengan menggunakan Realitas Tertambah untuk pelajaran sains pengenalan bentuk kura-kura ini dapat menjadi salah satu solusi literasi sains pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini telah menghasilkan sebuah aplikasi Realitas Tertambah Kura-kura berbasis Android menggunakan metode Marker Based Tracking yang sudah diunggah ke Google Playstore sehingga dapat digunakan masyarakat luas secara gratis. Melalui aplikasi ini guru dapat mengimplementasikan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, dan siswa dapat aktif menggunakan program realitas tertambah sebagai literasi sains untuk lebih memahami dan mengaplikasikan konsep kura-kura yang telah dipelajari tanpa perlu membawa objek kura-kura yang asli kedalam ruangan kelas.Downloads
Published
2019-11-21
Issue
Section
Articles
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam publikasi ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada SEMNASTIK 2019 sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan SEMNASTIK 2019 sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di SEMNASTIK 2019.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).