Association Role Mining pada Moodle dengan menggunakan Algoritma Apriori: Studi Kasus Nilai UN IPA
Abstract
Asa bisa karena biasa merupakan kearifan lokal yang mempunyai kekuatan besar. Rendahnya index posisi Indonesia pada PISA untuk materi Science menjadi masalah yang perlu dipecahkan bersama, lemahnya pemahaman sains tidak hanya terjadi pada tingkat SMP/SMA tetapi hingga pada perguruan tinggi. Pada penelitian kali ini di kelas 9 dengan jumlah siswa 44 orang Moodle sebagai media Flipped Learning. Beberapa riset menyatakan bahwa teknologi mampu menggesar perilaku masyarakat. Berangkat dari asumsi yang sama kami menerapkan flipped learning pada proses mastery learning siswa kelas 9 yang harus menghadapi ujian akhir nasional. Model bimbel kuno dimana guru membahas semua soal dari buku latihan persiapan ujian tidak dimanfaatkan sepenuhnya melainkan menerapkan metode Flipped, dimana guru hanya membahas materi-materi kurang dikuasai murid dengan harapan secara kognitif terdapat perubahan informasi dan mempercepat proses mastery learning. Hasil yang diperoleh terdapat kesesuaian dari nilai pada latihan dengan perlolehan nilai ujian akhir nasional 2019. Diluar ekspektasi kami, selama 6 bulan menerapkan flipped learning pada mapel ujian nasional menaikkan perlolehan nilai rata-rata sekolah.Dengan menggunakan Algoritma Apriori kami melakukan role mining untuk melihat kesesuaian relasi antar atribut.Kata kunci— Educational data Science, Flipped Learning, Moodle, Algoritma Predictive AprioriReferences
Daftar Pustaka
M. L. Gogan, "Aspect Concerning the use of MOODLE platfom : Case Study," in international Conference Interdiciplinarity in Engeering, romania, 2014.
S. V. Cristobal Romero, "Educational Data Science in Massive Open Online Courses," Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discover, Cordoba , 2017.
M.-C. Liu, "The use of data science for education: The case of social-emotional learning," in Smart Learning Environments: volume 4, SpringerOpen, 2017, p. 1.
A. Bovo, "Analysis of students clustering results based on Moodle log data," in 6th International Conference on Educational Data Mining - EDM 2013; pp. 306-307, Tennessee, United States, 2013.
I. Dimopoulos, "Using Learning Analytics in Moodle for assessing students’ performance," in 2nd Moodle Research Conference ; pg. 40 , Sousse, Tunisia, 2013.
C. Limongelli, "Conï¬guration of Personalized e-Learning Courses in Moodle," in EUROCON 2007 The International Conference on “Computer as a Tool†, Warsaw, 2007.
G. J. Hwang, "A computer-assisted approach to diagnosing student learning problems in science courses.," in Journal of Information Science and Engineering, 19(2), 229-248., 2003.
A. A. Ramli, "Web usage mining using apriori algorithm: UUM learning care portal case," in International Conference on Knowledge Management, Malaysia, 2005.
G. A, "A GUIDE FOR ASSOCIATION RULE MINING IN MOODLE COURSE MANAGEMENT SYSTEM," in INTERNATIONAL SCIENTIFIC CONFERENCE ON ICT AND E-BUSINESS RELATED RESEARCH, Serbia, 2016.
P. Barg, "From Teaching, Learning to Assessment: MOODLE experience at B’School in India," in Symbiosis Institute of Management Studies Annual Research Conference (SIMSARC13), 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam publikasi ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada SEMNASTIK 2019 sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan SEMNASTIK 2019 sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di SEMNASTIK 2019.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).