Pengembangan Aplikasi Kuis Pop-Up Sebagai Pembelajaran Interaktif Berbasis Android
Abstract
Kuis interaktif merupakan suatu bentuk metode pembelajaran yang lebih melibatkan dan mengaktifkan mahasiswa dalam belajar yang dikemas dalam suatu permainan kuis. Metode pengerjaan kuis dilakukan secara tatap muka antara dosen dan semua mahasiswa yang hadir di dalam kelas pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran kuis pop-up interaktif berbasis Android dimana dosen dapat mengevaluasi tingkat kompetensi yang dimiliki oleh tiap mahasiswa yang mengikuti pembelajaran. Aplikasi terdiri dari dua interface yaitu aplikasi website untuk dosen dan aplikasi Android untuk mahasiswa. Kedua interface tersebut dihubungkan dengan menggunakan realtime database berbasis API yaitu Firebase. Proses analisa usability aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode USE Questionnaire dengan cara membagikan kuesioner kepada 10 responden yang diambil dengan menggunakan convenience sampling. Analisa usability dengan menggunakan metode USE Questionnaire didapatkan nilai rata-rata secara keseluruhan adalah 3,26 yang berarti sikap rata-rata responden sangat setuju dan aplikasi mudah digunakan.References
Dougiamas, M., 2019, Free and Open-source Learning Management System (LMS), https://moodle.org/, diakses tgl 12 Juni 2019.
E-Learning Unsyiah, 2019, E-Learning Universitas Syiah Kuala, UPT. TIK Universitas Syiah Kuala, https://elearning.unsyiah.ac.id/, diakses tgl 17 Juni 2019.
Kahoot!, 2019, Game-based Learning Platform, https://kahoot.it/, diakses tgl 17 Juni 2019.
Elfa, V., 2016, Pengembangan Media Belajar Pemrograman C Berbasis Web Interaktif, Skripsi, Jurusan Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Nashuha, M., 2019, Pengembangan Aplikasi Web Pembelajaran Bahasa Pemrograman PHP Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh, Skripsi, Jurusan Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Listiyoko, L. Fahrudin, A., Maksum, A., 2017, Perancangan Aplikasi Cafe Untuk Efisiensi Order Menggunakan Metode Agile, Seminar Nasional Teknologi Informasi (SNTI), Vol. 1, hal 113-120.
Dooley, J., 2011, Software Development and Professional Practice, Apress, New York.
Firebase, Inc., Google, Inc., 2019, Mobile and Web Application Development Platform, https://firebase.google.com/.
Waikar, M., 2015, Data-oriented Development with AngularJS, Packt Publishing, Birmingham.
Stonehem, B., 2016, Google Android Firebase: Learning the Basics, First Rank Publishing, New York.
Travis, D., 2008, Measuring Satisfaction: Beyond the Useability Questionnare, https://www.userfocus.co.uk/articles/satisfaction.html, diakses tgl 22 Juni 2019.
Guritno, S., Sudaryono, Rahardja, U., 2011, Theory and Application of IT Research, Andi Offset, Yogyakarta.
Explorable.com, 2018, Convenience Sampling, https://explorable.com/convenience-sampling, diakses tgl 15 Agustus 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam publikasi ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada SEMNASTIK 2019 sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan SEMNASTIK 2019 sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di SEMNASTIK 2019.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).