Penilaian Ujian Otomatis untuk Soal Bertipe Essay pada PJJ APTIKOM menggunakan Cosine Similarity
Abstract
Penelitian mengembangan sistem penilaian jawaban essay secara otomatis pada PJJ APTIKOM dengan menggunakan algoritma similaritas. Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan pada penelitian ini antara lain: 1) input data yang dimasukkan oleh pendidik dan peserta didik berupa soal ujian, kunci jawaban dan jawaban; 2) Pemrosesan teks, kunci jawaban dan jawaban dilakukan pemrosesan teks dengan melakukan tokenisasi, stopword removal, dan stemming; 3) Perhitungan bobot, dilakukan dengan menggunakan algoritma TF-IDF; 4) Pengukuran similaritas antara jawaban dan kunci jawaban dengan menggunakan algoritma cosine similarity; 5) Penjumlahan nilai similaritas untuk setiap soal. Selanjutnya, nilai similaritas dikonversi menjadi nilai akhir bagi peserta didik. Sistem yang dikembangkan akan dikolaborasikan dengan penggunaan E-Learning yang telah digunakan pada PJJ APTIKOM. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah pendidik dalam pemberian skor pada jawaban essay dan bagi peserta didik dapat mengetahui secara realtime nilai ujiannya.References
R. Fitri and A. N. Asyikin, “Aplikasi Penilaian Ujian Essay Otomatis menggunakan Metode Cosine Similarity,†Poros Tek., vol. 7, no. 2, 2015.
A. A. P. Ratna, B. Budiardjo, and D. Hartanto, “SIMPLE : Sistem Penilai Esei Otomatis untuk Menilai Ujian dalam Bahasa Indonesia,†MAKARA, vol. 11, no. 1, pp. 5–11, 2007.
P. Susongko, “Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian dan Teslet dengan Penerapan Graded Response Model (GRM),†J. Penelit. dan Eval. Pendidik., no. 3, pp. 269–288, 2010.
S. Valenti, F. Neri, and A. Cucchiarelli, “An Overview of Current Research on Automated Essay Grading,†Journalof Inf. Technol. Educ., vol. 2, 2003.
M. S. Hasibuan, “System E-Learning Dengan Pendekatan Evaluasi Pembelajaran,†no. January 2012, 2015.
N. Zahara, “Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Websebagai Alat Ukur Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Kelas X Man Model Banda Aceh,†Semin. Nas. Biot., pp. 480–484, 2015.
A. Putra, S. Widowati, and S. Solikin, “Evaluasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Multi-Criteria Methodology ( Studi Kasus : Pembelajaran Jarak Jauh Telkom University ) Distance Learning Evaluation Using Multi-Criteria Methodology ( Case Study : Telkom University Distance Learning ).â€
E. B. Susilowati and A. Ashari, “Pengembangan Sistem Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web Studi Kasus : di SMA Negeri 1 Surakarta 1,†vol. 7, no. 2, pp. 199–208, 2013.
S. H. Bariah and K. A. N. Imania, “Pengembangan Evaluasi Dan Penugasan Online Berbasis E-Learning Dengan Moodle Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ilmu Komputer,†vol. 6, pp. 305–315, 2017.
G. Salton and C. Buckley, “Term Weighting Approaches in Automatic Text Retrieval,†Inf. Process. Manag., vol. 24, no. 5, pp. 513–523, 1988.
K. J. Cios, “Data Mining A Knowledge Discovery Approach,†Springer, 2007.
D. L. Lee, H. Chuang, and K. Seamont, “Document Ranking and the Vector-Space Model,†IEEE Softw., no. April, pp. 67–75, 1997.
S. Tata and J. M. Patel, “Estimating the Selectivity of tf-idf based Cosine Similarity Predicates,†SIGMOD, vol. 36, no. 2, pp. 7–12, 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam publikasi ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada SEMNASTIK 2019 sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan SEMNASTIK 2019 sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di SEMNASTIK 2019.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).