Pembuatan Aplikasi Katalog Rumah dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penunjang Media Pemasaran
Abstract
Media pemasaran perumahan menggunakan brosur atau website sudah biasa dilakukan oleh para developer dalam mempromosikan rumah-rumah yang akan di jual yang informasinya beerisi  gambar dan spesifikasi serta nama dari rumah tersebut. Dengan kemajuan dan peningkatan teknologi saat ini Katalog rumah dapat di pergunakan dengan konsep Teknologi Augmented Reality, sehingga gambar bisa kelihatan dari sudut pandang atas, samping, dan depan. Perancangan aplikasi dengan membuat diaram alur dan diagram proses antar perubahaan keadaan (State Transition Diagram), rancangan antarmuka yamng menjadikan dasar pembuatan aplikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan suatu aplikasi penunjang media pemasaran katalog rumah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality berbasis android yang memiliki sebuah fitur menampilkan sebuah objek 3D rumah, menampilkan lokasi rumah, dan informasi rumah. Pengguna dapat melihat objek 3D rumah dengan cara mengaktifkan kamera yang terdapat pada aplikasi kemudian memindai marker yang terdapat pada brosur atau kertas.References
M. Ryza, S. Spd, and Kom, “Berbasis Multimedia Interaktif,†J. Mhs. STEKOM Semarang, vol. 1, no. 1, 2014.
Suprapto, BAHASA PEMROGRAMAN untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Nasional, 2009.
R. S. Pressman, Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hil. New York, 2010.
Downloads
Published
2019-11-21
Issue
Section
Articles
License
Penulis yang mempublikasikan artikelnya dalam publikasi ini setuju dengan ketentuan berikut :
- Hak cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada SEMNASTIK 2019 sebagai prioritas pertama untuk mempublikasikan artikelnya dengan lisensi Creative Commons Attribution License yang memperbolehkan artikel untuk dapat dibagikan dengan pengakuan terhadap penulis artikel dan SEMNASTIK 2019 sebagai tempat publikasinya.
- Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (contoh : pada repository universitas atau pada buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di SEMNASTIK 2019.
- Penulis diijinkan untuk mencantumkan karyanya secara online (misal : di website pribadi atau di repository universitas) sebelum dan sesudah proses pengiriman (lihat The Effect of Open Access).