Pengaruh Teknologi Informasi, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah serta Implikasinya pada Minat Ulang Penggunaan Aplikasi Jenius Bank BTPN

Sri Nawangsari, Sarah Nabila Iswah

Abstract


Ada beberapa bank yang masih menggunakan metode konvensional, yaitu pelayanan kepada nasabah yang datang ke bank secara langsung untuk melakukan transaksi. Hal tersebut sebenarnya menimbulkan ketidakefisienan karena membuat waktu yang tersita cukup banyak, Dengan alasan itulah mak Bank BTPN menawarkan layanan yang dapat membantu mengurangi kerumitan metode konvensional tersebut dengan mengembangkan solusi inovatif dant teknologi informasi., salah satu yang kini merajai merupakan inovasi terbaru dalam bidang keuangan yaitu Fintech melalui Digital Banking atau Layanan Digital Perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi, manfaat, kemudahan dan fitur layanan terhadap minat ulang dan kepuasan pada pengguna aplikasi Jenius bank BTPN.
Alat analisis yang digunakan adalah Analisa Peth, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi Jenius Bank BTPN dengan jumlah sampel 200 responden. Terlebih dahulu data di uji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan untuk melihat pengaruh dengan uji t dan diolah menggunakan SPSS Ver. 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh teknologi informasi, kemudahan, manfaat dan fitur layanan terhadap kepuasan konsumen,.serta adanya minat untuk menggunakan kembali aplikasi jenius bank BTPN .


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Amijaya, G. R. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA).

Anggraeni, Kartika. (2017). Pengaruh kemudahan terhadap minat ulang penggunaan aplikasi mobile banking “JENIUSâ€.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 318-340.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Freedman, R. S. (2006). Introduction to Financial Technology. London: Elsevier.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Martin, E. 1999. Managing Information Technology WhatManagers Need to Know (3rd ed.). New Jersey:Pearson Education International.

Pambudi, Setiyo.(2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking.

Pavlou, Fred, (2001), “Perceived Usefulnes, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technologyâ€,MIS Quarterly, September.

Rithmaya, Laksmi.(2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank BCA Dalam Menggunakan Internet Banking.

Sun, Heshan and Ping Zhang. 2006. Causal Relationship Between Perceived Enjoyment and Perceived Ease of Use : An Alternative Approach. Journal of the Association for Information Systems. Vol. 7, No. 9, pp.618 – 645, September 2006.

Venkatesh, V. 2000. Determinants of Perceived Ease of Use: Integrating Control, Intrinsic Motivation, and Emotion into the Technology Acceptance Model. Information Systems Research, vol. 11, no. 4,pp. 342–365

https://fintech.id/ https://ekonomi.kompas.com/ https://www.finansialku.com/ https://kominfo.go.id/ https://www.ojk.go.id/ http://marketeers.com/ https://www.jenius.com/ https://www.btpn.com/


Article Metrics

Abstract view : 2396 times
PDF - 2609 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â