CITRAKARA https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara <p>Jurnal Citrakara adalah media publikasi yang diterbitkan Universitas Dian Nuswantoro yang menyuarakan hasil pemikiran yang berupa perancangan atau pengkajian di bidang<em> advertising,</em> desain grafis, fotografi, audio visual, multimedia, animasi, dan <em>game design</em>. Jurnal Citrakara bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas tentang perkembangan desain komunikasi visual dan multimedia baik secara teoritis maupun pragmatis.</p><p>Jurnal Citrakara terbit secara online empat kali dalam setahun yaitu bulan April, Juli, September, dan Desember.</p><p><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1582862583" target="_blank">e-ISSN : 2807-7296</a></p> en-US <p>Karya ini dilisensikan di bawah <a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/?ref=chooser-v1" target="_blank" rel="license noopener noreferrer">CC BY-SA 4.0</a></p> <p> </p> citrakara@dinus.id (Citrakara) noor.hasyim@dsn.dinus.ac.id (Noor Hasyim, M.Ds) Tue, 30 Jul 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PRODUK “LOKAN” MENGGUNAKAN KARAKTER ANIME DAN VTUBER BAGI GEN-Z https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11198 <table width="633"> <tbody> <tr> <td width="398"> <p>Anime populer di kalangan remaja, terutama di Indonesia, dimana penggemar anime menunjukkan dedikasi melalui komunitas dan event. Totebag dengan desain anime menjadi populer di kalangan Gen Z, sehingga muncul ide untuk menciptakan brand "Lokan" yang menggabungkan anime dengan kebudayaan lokal Indonesia dalam desain totebag. Akan tetapi UMKM Lokan ini memiliki kekurangan yaitu belum ada media promosi guna mempromosikan produk. Tujuan perancangan ini yaitu untuk merancang media promosi UMKM Lokan. Metode perancangan yang digunakan yaitu pengumpulan data. Analisis SWOT. Konsep dan visualisasi hasil yang didapatkan yaitu perancangan media promosi X-banner, Feeds Instagram Kemasan, Poster, brosur, Stiker, dan Gantungan Kunci. Gaya desain yang digunakan yaitu pengabungan antara unsur jepang dan unsur lokal yang simple.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Rahdian Indraldi Firmansyah, Nova Kristiana Copyright (c) 2024 Rahdian Indraldi Firmansyah, Nova Kristiana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11198 Fri, 16 Aug 2024 00:00:00 +0000 REDESAIN BRAND IDENTITY KEDAI “JADI NGOPI” UNTUK MENONJOLKAN IDENTITAS https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11387 <p>Jadi Ngopi adalah kedai kopi bersekala kecil di Semarang yang ingin mengembangkan usahanya sehingga dibutuhkan sebuah citra baru untuk menonjolkan identitas mereka kepada calon konsumen. Momen ini dijadikan untuk melakukan Redesain pada brand Jadi Ngopi yang mencakup logo, desain kemasan produk, dan elemen visual pendukung lainnya. Pendekatan kualitatif digunakan dalam perancangan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi dengan analisis data 5W+1H serta menggunakan metode perancangan 5 Phase of Design Graphic Process. Dapat disimpulkan bahwa upaya Redesain Brand Identity kedai Jadi Ngopi ini untuk mencerminkan karakter dan ciri khas Jadi Ngopi dengan tujuan meningkatkan Brand Awareness melalui perancangan logo sesuai GSM (Graphic Standard Manual) yang konsisten, serta pengaplikasian desain pada cup, kemasan, stiker, dan merchandise.</p> Andika Wahyu Putra P, Mohamad Taufik Copyright (c) 2024 Andika Wahyu Putra P, Mohamad Taufik https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11387 Thu, 15 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERIPIK SINGKONG “RENYAK” UNTUK MEMPERLUAS PASAR DI SURABAYA https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11197 <p>AFGHANI CRIP (Keripik Bu Ida Wati) merupakan UMKM yang memproduksi dan menjual cemilan keripik, bertempat di Kota Surabaya. Keripik Bu Ida Wati ini memiliki pasar yang cukup baik, akan tetapi strategi pemasaran yang digunakan masih lebih condong ke konvensional sehingga sulit dalam menjangkau target pasar yang lebih luas. Oleh karena hal itu maka dilakukan-lah perancangan yang bertujuan untuk membantu memperluas pasar UMKM Keripik Bu Ida Wati dengan mempromosikan produk Keripik Singkongnya melalui brand Renyak yang tercipta dari projek KKN yang berkolaborasi bersama UMKM Keripik Bu Ida Wati, rancangan yang digunakan dalam media promosi ialah desain label kemasan dan konten media sosial. Dalam perancangan ini mengaplikasikan metode kualitatif karena menonjolkan landasan praktis dan teoritis dari hasil perancangan tersebut. Perancangan ini menerapkan analisis SWOT untuk mencari informasi mengenai kelebihan, kekurangan, dan keunikan produk milik UMKM tersebut. Hasil perancangan tersebut berupa Desain Label Kemasan dan Gondola (Rak Display) sebagai media utama, media sosial Instagram dan Tiktok sebagai media pendukung, lalu beberapa media pendukung lainnya seperti Sticker, Gantungan Kunci, X Banner, Poster, Kartu Nama, Jaket dan Kantong Plastik.</p> Althof Mochamad Nurcholis Majid, Asidigisianti Surya Patria Copyright (c) 2024 Althof Mochamad Nurcholis Majid, Asidigisianti Surya Patria https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11197 Fri, 16 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN ROTI BAKAR GANDUM NJONJA DI SEMARANG https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11395 <p>Roti bakar gandum `NJONJA` adalah usaha kuliner yang berdiri sejak tahun 2022 di Kota Semarang. Usaha tersebut saat ini memerlukan perancangan ulang kemasannya karena kurang informatif dan tidak menunjukkan identitas produknya. Tujuan dibuatnya perancangan ini adalah agar pesan atau identitas produk dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis 5W+1H. Metode perancangan menggunakan metode dari Villamil – Molina yaitu tahap praproduksi – produksi – pascaproduksi. Hasil perancangan ini yaitu desain kemasan sebagai media utama dan media pendukung seperti voucher, <em>loyalty card</em>, dan paper bag</p> Navilio Primahendra Versando, Annas Marzuki Sulaiman Copyright (c) 2024 Navilio Primahendra Versando, Annas Marzuki Sulaiman https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11395 Wed, 21 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN ABNA PARFUM UNTUK PENGUATAN CITRA BARU https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11285 <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Abna Parfum adalah usaha parfum refill sejak 2009 yang berlokasi di Kota Semarang. Brand ini ingin memfokuskan peningkatan kualitas dan citranya kepada konsumen. Oleh karena itu Abna Parfum memerlukan perancangan ulang tampilan desain kemasannya menjadi lebih modern, informatif dan semakin menunjukkan identitasnya. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif, dan metode analisis data 5W1H. Perancangan menggunakan tahap perancangan Design Thingking melalui emphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil dari perancangan ini berupa desain kemasan parfum yang meliputi botol, label, box dan paperbag beserta media pendukung lainnya.</p> </div> </div> </div> Naufal Ammar Gusrinanda, Daniar Wikan Setyanto Copyright (c) 2024 Naufal Ammar Gusrinanda, Daniar Wikan Setyanto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11285 Wed, 21 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN AULIA PERSADA https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11311 <p>Aulia Persada Merupakan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja yang berorientasi pada kompetensi baik Hardskill maupun Softskill. Pada tahun 2023 omset Aulia Persada tertahan di angka Rp14.000.000/Bulan, sedangkan Aulia Persada ingin meningkatkan omset menjadi Rp25.000.000/Bulan. Oleh karena itu Aulia Persada membutuhkan perancangan media promosi yang dapat memperkenalkan dirinya. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif melalui wawancara, observasi, dokumentasi, internet dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah metode SWOT, dan metode perancangan menggunakan 4 fase proses desain grafis Eric Karjaluoto. Perancangan ini meliputi Instagram <em>Ads</em>, Brosur, X-Banner, Poster, dan Totebag.</p> Ramadhan Prabu Kusuma Wardhana, Ahmad Akrom Copyright (c) 2024 Ramadhan Prabu Kusuma Wardhana, Ahmad Akrom https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11311 Wed, 21 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN RUMAH MAKAN NILA BAITI PANORAMA DI UNGARAN https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11307 <p>Nila Baiti Panorama adalah sebuah rumah makan yang terletak di Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pada saat ini omset Nila Baiti Panorama tiap tahun mengalami ketidakstabilan sejak awal tahun 2020. Oleh karena itu Nila Baiti Panorama memerlukan media promosi agar masyarakat dapat mengetahui keberadaan rumah makan ini sehingga omsetnya mengalami kenaikan dan mencapai target lebih dari 35-kilogram sesuai keinginan pemilik rumah makan. Tujuan perancangan ini adalah tersedianya media promosi untuk memperkenalkan rumah makan Nila Baiti Panorama kepada masyarakat. Metode penelitian untuk perancangan ini adalah metode kualitatif melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi dan analisis SWOT. Media promosi hasil perancangan adalah Pamflet sebagai media utama dan media pendukung seperti; Spanduk, Mini Banner dan X-Banner.</p> Muchoyyar Nur Pratidina, Bernardus Andang Prasetya Adiwibawa Copyright (c) 2024 Muchoyyar Nur Pratidina, Bernardus Andang Prasetya Adiwibawa https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11307 Tue, 27 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MEMPROMOSIKAN PURPPLE BUBBLE STUDIO https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/10967 <p>Purple Bubble Studio merupakan sebuah studio ilustrasi yang menyediakan berbagai pembuatan jasa ilustrasi dengan produk utamanya yaitu pembuatan anime illustration. Dalam memasarkan produknya Purple Bubble Studio menggunakan marketplace utamanya yaitu Fiverr, namun karena banyaknya kompetitor yang mulai bermunculan mengakibatkan ketidakstabilan pembeli dan pendapatan Purple Bubble Studio setiap bulannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah rancangan media promosi berbasis motion graphic, yang dinilai lebih fleksibel dalam menarik calon konsumen karena informasi yang disajikan dapat lebih kreatif dan mudah dipahami. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis SWOT untuk membantu pembuatan perancangan ini yang menghasilkan media promosi berbasis motion graphic dengan konsep visualisasi yang kreatif, penyajian informasi pengerjaan cepat dengan harga yang terjangkau sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.</p> Daffa Surya Hanansyah, Ali Muqoddas Copyright (c) 2024 Daffa Surya Hanansyah, Ali Muqoddas https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/10967 Tue, 27 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA CAMPAIGN PRODUK XL SATU FITUR KUOTA BERSAMA https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11424 <p>XL Satu merupakan produk inovasi dari XL Axiata yang menggabungkan dua layanan sekaligus yaitu wifi internet fiber dan kuota HP kartu XL (Kuota Bersama). Berdasarkan data internal perusahaan, sebanyak 50% pelanggan XL Satu belum mengaktifkan fitur Kuota Bersama, dari target sebanyak 75%. Maka dari itu diperlukan perancangan campaign komunikasi visual untuk meningkatkan pesentase pengguna XL Satu yang aktivasi Kuota Bersama hingga 75%. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan penjabaran secara deskriptif yang akan diperoleh dengan cara wawancara dan studi literasi serta menggunakan data pendukung lainnya. Data tersebut akan dianalisis melalui beberapa tahap, seperti analisis SWOT, pengumpulan ide visual, pengarahan visual, visualisasi, dan desain final. Perancangan ini menggunakan dua jenis media, yaitu media digital dan cetak untuk kebutuhan campaign agar dapat terlaksana secara optimal.</p> Muhammad Luthfi Akbari, Adji Nugroho Copyright (c) 2024 Muhammad Luthfi Akbari, Adji Nugroho https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11424 Tue, 27 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DESA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN CITRA DESA CERDAS LORAM WETAN https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11014 <p>Enam Pojok Literasi (Elit) adalah kegiatan yang masih berlangsung di Desa Cerdas Loram Wetan sebagai sarana meningkatkan literasi pengetahuan masyarakat desa, yang memerlukan adanya perancangan ulang identitas visual bagi desa tersebut. Perancangan ini bertujuan agar citra Desa Loram Wetan sebagai desa cerdas lebih kuat dan membedakannya dengan desa cerdas lainnya. Perancangan ulang identitas visual Desa Cerdas Loram Wetan ini menggunakan metode perancangan menurut Arsianti Latifah. Identitas visual dibuat untuk merepresentasikan desa dengan bentuk visual yang menampilkan keunggulan desa, salah satunya adalah Situs Sumur Gentong. Identitas visual juga memiliki warna yang representatif bagi desa yaitu warna coklat yang dianggap merepresentasikan kehangatan dan kedamaian desa serta warna hijau yang mencerminkan keasrian dan kehidupan harmonis di desa.</p> Odillia Caroline Natanael, Abi Senoprabowo Copyright (c) 2024 Odillia Caroline Natanael, Abi Senoprabowo https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11014 Tue, 27 Aug 2024 00:00:00 +0000