https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/issue/feed CITRAKARA 2024-12-24T08:04:26+00:00 Citrakara citrakara@dinus.id Open Journal Systems <p>Jurnal Citrakara adalah media publikasi yang diterbitkan Universitas Dian Nuswantoro yang menyuarakan hasil pemikiran yang berupa perancangan atau pengkajian di bidang<em> advertising,</em> desain grafis, fotografi, audio visual, multimedia, animasi, dan <em>game design</em>. Jurnal Citrakara bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas tentang perkembangan desain komunikasi visual dan multimedia baik secara teoritis maupun pragmatis.</p><p>Jurnal Citrakara terbit secara online empat kali dalam setahun yaitu bulan April, Juli, September, dan Desember.</p><p><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1582862583" target="_blank">e-ISSN : 2807-7296</a></p> https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11778 PERANCANGAN SIGN SYSTEM PERUMAHAN DE VILLA KEDUNGMUNDU 2024-11-29T04:33:22+00:00 Ian Hidayat Satriadi 114202003365@mhs.dinus.ac.id Toto Haryadi toto.haryadi@dsn.dinus.ac.id <p>Perumahan De Villa Kedungmundu merupakan perumahan cluster dengan memiliki konsep desain american classic yang terletak di daerah kedungmundu Jl. Karang Gawang Baru VIII. Saat ini perumahan De Villa Kedungmundu belum memiliki sign system atau system tanda yang dapat membantu masyarakat untuk mengetahui lokasi perumahan De Villa Kedungmundu. Proses perancangan sign system menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan 5W + 1H dengan metode perancangan Robin Landa. Hasil dari perancangan ini berupa desain <em>direction </em>sign, identification sign, regulatory sign, billboard dan umbul - umbul.</p> 2024-12-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ian Hidayat Satriadi, Toto Haryadi https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11763 PERANCANGAN WEBSITE COMPANY PROFILE CV DIAN KARYA MANDIRI 2024-11-29T04:44:04+00:00 Prastya Elisa Rizki Kurniasanti 114202003382@mhs.dinus.ac.id Annas Marzuki Sulaiman am.sulaiman@dsn.dinus.ac.id <p>CV Dian Karya Mandiri adalah Perusahaan yang didirikan di kudus pada tahun 2020 dengan fokus pada jasa pembuatan perizinan usaha dan bangunan, adanya keluhan terkait kesulitan client dalam pencarian informasi tentang CV Dian Karya Mandiri. Oleh karena itu perlunya dibuat website companya profile guna memperkenalkan dan mempermudah dalam pencarian informasi terkait CV Dian Karya Mandiri. Dalam pengumpulan data menggunakan kualitatif dengan wawancara dan observasi bersama Client, metode analisis yang digunakan pada perancangan ini yaitu 5W+1H dan metode perancangan menggunakan Design Thinking berupa UI, UX Website,</p> 2024-12-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prastya Elisa Rizki Kurniasanti, ANNAS MARZUKI SULAIMAN https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11799 KOMUNIKASI VISUAL KESEHATAN MENTAL MELALUI DOODLE : ANALISIS SEMIOTIKA KONTEN INSTAGRAM @WANTJA “SULIT UNTUK BERBAHAGIA” 2024-12-05T04:06:43+00:00 Devi Purnamasari devi.purnamasari9@dsn.dinus.ac.id Zahrotul Umami zahrotul.umami@dsn.dinus.ac.id Retno Cahyaningrum ningrumretnocahya@gmail.com <p>Kesehatan mental semakin mendapat perhatian di era digital, namun stigma dan kurangnya pemahaman masih menjadi tantangan besar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Media sosial, khususnya ilustrasi visual seperti doodle, menawarkan pendekatan yang efektif dalam menyampaikan pesan terkait kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi visual mengenai kesehatan mental melalui konten doodle di akun Instagram @wantja dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Teori semiotika digunakan untuk memahami makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terkandung dalam ilustrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan data diperoleh melalui observasi virtual dan dokumentasi konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa doodle yang dibuat @wantja mampu menyederhanakan isu-isu kompleks kesehatan mental, seperti tekanan sosial dan ekspektasi, sehingga pesan dapat diterima dan dipahami audiens dengan lebih baik. Doodle digunakan untuk membangun keterhubungan emosional dengan audiens, menyampaikan pesan yang estetis dan bermakna, serta mendorong refleksi mendalam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi visual melalui doodle dapat menjadi media yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kesehatan mental.</p> 2024-12-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Devi Purnamasari, Zahrotul Umami, Retno Cahyaningrum https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11089 PERANCANGAN SUPERGRAFIS UNTUK MENDUKUNG CORPORATE IDENTITY SEAMEO QITEP IN LANGUAGE 2024-12-07T02:00:47+00:00 Hanindya Bayu Bramatyo 114202003537@mhs.dinus.ac.id <p>SEAMEO QITEP in Language atau SEAQIL merupakan perusahaan yang bergerak dalam meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidikan di Asia Tenggara. Sebagai perusahaan formal yang banyak melakukan kegiatan, publikasi, dan Kerjasama, SEAQIL belum memiliki elemen visual yang dapat mendukung identitas perusahaannya sehingga selalu berubah-ubah dan tidak sesuai dengan citra perusahaan. Oleh karena itu, SEAQIL memerlukan perancangan elemen visual berupa supergrafis untuk mendukung identitas perusahaannya. Metode penelitian untuk perancangan menggunakan metode kualitatif melalui observasi, dokumentasi, dan studi Pustaka dengan metode analisis data menggunakan 5W+1H dan brainstorming. Hasil dari perancangan ini yaitu supergrafis serta penerpannya di beberapa media seperti Graphic Standart Manual (GSM) sebagai media utama dan beberapa media pendukung antara lain baju, totebag, notebook, id card, business card, dan poster.</p> 2024-12-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Hanindya Bayu Bramatyo https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11042 PERANCANGAN PACKAGING GUNA MEMPERLUAS JANGAKUAN PASAR DALAM IKLAN MLBI SEAFOOD 2024-12-09T09:35:08+00:00 Muhammad Akmal Lintang Anugrah 114202003441@mhs.dinus.ac.id Mohamad Taufik mtaufik@dsn.dinus.ac.id <p>MLBI Seafood, perusahaan yang telah beroperasi di Semarang selama beberapa tahun, menghadapi tantangan dalam mengelola strategi bisnis dan pemasarannya sejalan dengan lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat. Tren konsumen yang berkembang pesat, seperti peningkatan kesadaran akan keberlanjutan dan kesehatan, juga mengubah cara konsumen memilih makanan laut. Hal ini termasuk memperluas pemasaran produk ke kelompok umur lainnya. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengembangkan peluang pasar baru dengan mengembangkan jenis kemasan baru yang<br />khususnya menarik bagi pelanggan berusia 25 hingga 30 tahun. Desain kemasan ini didasarkan pada kepentingan produk yang berbeda-beda tergantung kemasan yang digunakan.Perancangan ini menggunakan teknik penelitian kualitatif serta teknik analisis<br />SWOT dan dijadikan acuan dalam merancang suatu paket untuk menjangkau pasar yang diinginkan.</p> 2024-12-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Akmal Lintang Anugrah, Mohamad Taufik https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11914 PERANCANGAN DESAIN KARAKTER LEMBU SURO SEBAGAI VISUALISASI KARAKTER ANIMASI 2024-12-16T08:06:13+00:00 Vanessa Amelia Puteri 614202100070@mhs.dinus.ac.id Gilang Rizky Gardianto gilang.rizky@dsn.dinus.ac.id <p>Perancangan ini mengangkat topik dari cerita “Lembu Suro Gunung Kelud” yang bertujuan untuk memvisualisasikan tokoh Lembu Suro sebagai desain karakter animasi 2D. Adapun pengumpulan data riset terbagi menjadi wawancara, kuisoner, studi literatur, dan observasi. Perancangan ini terfokus pada pembuatan desain karakter dengan menggunakan pendekatan manga matrix karena mencangkup elemen – elemen yang dibutuhkan seperti kostum karakter, personality character, struktur dan bentuk karakter. Perancangan ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai karakter lembu suro sehingga dari kalangan manapun mudah dikenali dan dipahami. Hasil dari perancangan ini terwujudnya desain digital dari karakter Lembu Suro dalam bentuk 2D yang masih mempertahankan ciri khas tokoh yang ada didalam cerita.</p> 2024-12-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Vanessa Amelia Puteri, Gilang Rizky Gardianto https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11920 PERANCANGAN DESAIN IKLAN KOMERSIAL PADA JAJANAN PASAR DONAT KENTANG MINI MINE 2024-12-17T08:14:46+00:00 Sayyidah Farhani 614202100052@mhs.dinus.ac.id Dennaya Cintya Danastri dennaya.cintya@dsn.dinus.ac.id <p>Jajanan tradisional sering dinikmati konsumen baik pagi maupun sore hari. Rasanya tidak kalah dengan makanan kekinian. Salah satunya adalah donat kentang Mini Mine. Sayangnya, kemasan yang digunakan oleh beberapa jajanan pasar, termasuk produk Mini Mine masih belum bisa menyampaikan nilai produk dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang iklan komersial Mini Mine. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan studi litelatur. Analisis dilakukan dengan menggunakan Matriks SWOT. Hasil yang dirancang adalah desain kemasan sebagai media utama. Selain itu ada rancangan banner, seragam, nomer meja, paper bag, LED poster, dan desain maskot sebagai media pendukung.</p> 2024-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sayyidah Farhani, Dennaya Cintya Danastri https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11961 PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL “REKAM JEJAK KITCHEN & BREW” UNGARAN 2024-12-20T04:48:47+00:00 Muhammad Muadz Irsyadullah 114202003478@mhs.dinus.ac.id Agus Setiawan agus.setiawan@dsn.dinus.ac.id <p>Rekam Jejak Hanania Kitchen &amp; Brew merupakan usaha yang bergerak di bidang FnB dengan segmentasi pasar middle-high di Ungaran sejak tahun 2021. Perusahaan tersebut sedang menghadapi persoalan internal dan ingin mempeluas jaringan pasar, oleh karena itu pergantian nama brand dibutuhkan agar mudah diingat. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif melalui studi pustaka, wawancara, observasi, dan analisis SOAR. Hasil perancangan ini adalah identitas visual baru yang dapat membantu Rekam Jejak Hanania Kitchen &amp; Brew mencapai tujuannya dan mengatasi permasalahan yang dihadapi.</p> 2024-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Muadz Irsyadullah, Agus Setiawan https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11979 PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI SEBAGAI PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL KERIS UNTUK GENERASI MUDA 2024-12-23T06:33:08+00:00 Muhammad Kiflan Iryawan 114202003471@mhs.dinus.ac.id Noor Hasyim noor.hasyim@dsn.dinus.ac.id <p style="text-align: justify;">Keris merupakan senjata tradisional warisan budaya asli indonesia. Pembuatan keris merupakan keahlian khusus dari Empu yang diwariskan turun-temurun. Proses ini bersifat rahasia tetapi kini keris sebagai simbol budaya penting perlu dilestarikan terutama kepada generasi muda. Pengetahuan tentang keris semakin langka meski informasi tersedia di internet. Untuk mengenalkan kepada generasi muda, diperlukan edukasi seperti buku ilustrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan 5 Phases Design Process dari Roby Landa, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk merancang buku ilustrasi tentang keris.</p> 2024-12-23T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Kiflan Iryawan, Noor Hasyim https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11982 PERANCANGAN MEDIA IKLAN UNTUK MEMPERKENALKAN BENGKEL KUNO ID 2024-12-24T08:04:26+00:00 Naufal Fakhri 114201803006@mhs.dinus.ac.id Ali Muqoddas alimuqoddas@dsn.dinus.ac.id <p>Potensi pasar untuk bengkel restorasi mobil tua di Semarang cukup besar. Akan tetapi banyak pemilik mobil tua yang belum mengenal Kuno id. Oleh karena itu Kuno id memerlukan iklan untuk membujuk calon pelanggannya. Perancangan iklan Kuno id dilakukan melalui penelitian kualitatif. Metode analisis dalam penelitian ini adalah SWOT. Media utama iklan Kuno id adalah video animasi 3D dan media pendukung seperti; web banner, X Banner, Poster Digital dan Feeds Instagram. Iklan ini diharapkan dapat mengenalkan layanan yang disediakan bengkel Kuno id.</p> 2024-12-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Naufal Fakhri, Ali Muqoddas