Visual Rebranding Desain Kemasan Produk Olahan Gula Jahe Seduh UMKM Berkah di Kabupaten Banyumas

Herta Tri Wahyu, Sarmini Sarmini, Pungkas Subarkah

Abstract


Abstrak

Produk gula jahe seduh menjadi salah satu produk olahan rempah di Kabupaten Banyumas tepatnya di Kota Purwokerto. UMKM “Berkah” mencoba memasuki terobosan baru dalam mengejar tren gaya hidup sehat yang kekinian. Untuk meningkatkan eksistensi di khalayak konsumen dari produk ini, maka dilakukan proses rebranding terkait desain kemasan. Mengingat pentingnya proses rebranding, hal ini dilakukan untuk menyampaikan nilai tambah dan citra brand UMKM “Berkah” kepada konsumen. Metode dalam penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan Analisis USP (Unique Selling Proposition), Analisis SWOT, dan Analisis STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning). Proses pengambilan data dengan wawancara agar nantinya mendapat informasi yang tepat dan mendalam. Melalui serangkaian tahapan perancangan dan pengujian mendapatkan respon yang positif untuk mengembangkan produk UMKM lebih dikenal oleh konsumen. Hasil penelitian ini adanya keterbaharuan desain kemasan pada produk olahan gula jahe seduh “Berkah” yang digunakan untuk keberlangsungan proses penjualan. Ada harapan bahwa melalui penelitian ini, produk olahan gula jahe seduh “Berkah” akan dapat bersaing bersama kompetitor lainnya.

 

Kata Kunci: desain kemasan, gula jahe, rebranding, UMKM

 

Abstract

Ginger Sweetened Sugar Products became one of the spice-processed products in the Banyumas District precisely in Purwokerto City. UMKM “Berkah” is trying to enter a breakthrough in pursuing the trend of a healthy lifestyle. To increase the existence in the consumer audience of this product, then carried out a rebranding process related to packaging design. Given the importance of the rebranding process, it is done to convey added value and image of UMKM brand 'Berkah' to consumers. The methods in this qualitative research use the USP (Unique Selling Proposition) analysis, SWOT analysis, and STP analysis approaches. (Segmenting, Targeting, and Positioning). The process of data collection with interviews to obtain accurate and in-depth information. Through a series of design and testing stages get a positive response to develop UMKM products better known by consumers. The result of this research is a renewal of the packaging design on the processed products of ginger sugar "Berkah" used for the sustainability of the sales process. It is hope that through this research, the processed ginger sugar product "Berkah" will be able to compete with other competitors.

 

Keywords: ginger sweetened sugar, MSME, packaging design, rebranding


Full Text:

PDF

References


Arda, M. (2019). Meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Analisis SWOT. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 61–69.

Christine Sari, E., & Fauzi, M. (2022). Rebranding Desain Kemasan Senang Manis Gula Semut Aren PT. Aditya Agri Mandiri Di Sukabumi. JURNAL DASARUPA, 4(2), 19–34.

Luthfi Naufal, Y., & Cahyana, Y. (2023). Rebranding UMKM Dodol Ibu Rohmah Melalui Logo Yang Unik Dan Menarik Di Desa Kemiri. Abdima Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 7627–7632.

Maulidizen, A., Sofian, E., Adila, R., Febriyadiza, Z., Salma, K., & Khalifah Perdana, M. M. (2022). Realisasi Re-Branding Guna Membangun Brand Image In Tji Liwoeng Coffee In East Jakarta. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 86–91.

Megadini, R., & Lani Anggapuspa, M. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Jurnal Barik, 3(1), 69–81.

Sari, S., Syamsuddin, & Syahrul. (2021). Analisis Brand Awareness dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37–48.

Setiaman, A., Putri I, M. A., Muhammad, M., Al Wainy, S., Khoerunnisa, D. R., & Rahyu, N. M. (2022). Rebranding UMKM “Pempek Rendy” Guna Menarik Pasar yang Lebih Luas. Jurnal Kajian Budaya Dan Humaniora, 4(2), 149–153.

Sulistyorini, I., & Setia Utami, B. (2018). Perancangan Kemasan Muria Batik Kudus Untuk Memperkenalkan Kebudayaan Lokal Kota Kudus. Andharupa, Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(2), 173–187.

Sutrisno, Azizah Asmara, M., Purwati, S., Susanto, & Rudy. (2023). Optimizing Brand Identity of MSME Products Through Rebranding in Increasing Consumer Brand Awareness. Journal on Education, 5(3), 8519–8527.

Widiyarini, & Hunusalela, Z. F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM Dalam Upaya Peningkatan Penjualan PT Primavista Solusi. Journal of Applied Business and Economic, 5(4), 384–397.

Yuli Anita, S. (2022). Analisis Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pelaku UMKM Keripik Pisang di Jl. ZA. Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 352–362.

Widiyarini, & Hunusalela, Z. F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM Dalam Upaya Peningkatan Penjualan PT Primavista Solusi. Journal of Applied Business and Economic, 5(4), 384–397.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i4.8311

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.