Akulturasi Budaya Warak Ngendhog dalam Bentuk Film Animasi 3D Si Warik

Authors

  • Nita Virena Nathiania Dian Nuswantoro University
  • Ristia Kadiasti Universitas Dian Nuswantoro
  • Khafiizh Hastuti Universitas Dian Nuswantoro
  • Adita Surya Prayoga Unviersitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i04.7375

Abstract

AbstrakPelestarian wujud akulturasi budaya dalam bentuk Warak Ngendhog memiliki ancaman pergeseran budaya dengan gencarnya IP karakter dari luar negeri di era globalisasi. Culture knowledge menjadi solusi agar dapat menanamkan warisan budaya Warak Ngendhog kepada generasi selanjutnya dalam bentuk pesan pendidikan. Intelectual Property dalam bentuk karakter Warak Ngendhog yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk film animasi 3D dengan balutan cerita yang sarat akan pesan pendidikan untuk menerapkan culture knowledge kepada generasi selanjutnya sesuai dengan target audience. Agar pesan pendidikan tersebut tersampaikan dengan baik kepada target audience, kemudian diramu dalam bentuk visual storytelling model triangulasi Alvanov Zpalanzani yang membentuk tiga struktur aspek pada visualisasi dan alur penceritaan dan juga disempurnakan dengan teori Bahasa Rupa dari aspek visualisasi untuk mendapatkan luaran film animasi 3D yang tepat kepada sasaran audience. Hasilnya adalah kesesuaian pesan cultural knowledge yang disisipkan ke berbagai adegan di film animasi Si Warik. Kata Kunci: Akulturasi, Bahasa Rupa, Visual storytelling, Warak Ngendhog AbstractThe preservation of the cultural acculturation form of Warak Ngendhog has the threat of cultural shifts with the incessant IP characters from abroad in the era of globalization. Cultural knowledge becomes a solution to instill the cultural heritage of Warak Ngendhog to the next generation through educational messages. Intellectual Property in the form of Warak Ngendhog character is then implemented through a 3D animated film with a story that is full of educational messages to apply cultural knowledge to the next generation according to the target audience. For the educational message to be conveyed well to the target audience, it is then mixed through visual storytelling by Alvanov Zpalanzani's triangulation model which forms three aspect structures in visualization and storytelling flow and is also refined with the theory of Visual Language from the visualization aspect to get the right 3D animated film output to the target audience. the result is the appropriateness of the message of cultural knowledge that is inserted into various scenes in the animated film Si Warik. Keyword: Acculturation, Visual Language, Visual storytelling, Warak Ngendhog

References

Andelina, I. R. (2021). Analisis Anthropomorphism Dalam Desain Karakter Arknights. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 14(2), 175–189.

Bhatti, Z., Abro, A., Gillal, A. R., & Karbasi, M. (2017). Be-Educated : Multimedia Learning through 3D Animation. International Journal of Computer Science and Emerging Technologies, 1(December), 13–22.

Chindany, A. L., & Mansoor, A. Z. (2020). Struktur Visual storytelling Animasi Edukasi Pelecehan Seksual “Ku Jaga Dirikuâ€. Wimba : Jurnal Komunikasi Visual, 11(1), 1–16.

Fatha, B. M., & Mansoor, A. Z. (2022). the Structural Analysis of Indonesian Horror Webtoon’S Visual and Narrative. Contemporary Trends in Management and Administration, 625, 50–63.

Fatha, B. M., Mansoor, A. Z., & Mei, D. (2021). Analisis Struktur Penceritaan Webtoon Horor Creep Episode 11. Jurnal Ultimart Komunikasi Visual, XIV(1), 1–9.

Firdaus, L. (2017). Analisis Akulturasi Kebudayaan Antara Masyarakat Transmigran Dengan Masyarakat Lokal. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 8(2), 109–122.

Hasanah, U. (2019). Arak-Arakan Simbol Warak Ngendog Sebagai Media Dakwah. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 55.

Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76.

Senoprabowo, A., & Khamadi, K. (2018). Model Tranformasi Mainan Warak Ngendog sebagai Upaya Pelestarian Budaya Mainan Tradisional Kota Semarang. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 221–238.

Senoprabowo, A., Khamadi, K., & Septian, Y. A. (2021). Komik Digital Warak Ngendog Untuk Memperkenalkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Anak Di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Desain Komunikasi Visual, 1(2020), 1–13.

Tabrani, P. (2012). Bahasa Rupa (3'rd). Kelir.

Zahra, S. B. (2016). Effect of Visual 3D Animation in Education. European Journal of Computer Science and Information Technology, 4(1), 1–9. www.eajournals.org

Downloads

Published

2024-06-16