STORYTELLING DALAM KEMASAN KOPI JANJI JIWA

Authors

  • Atria Nuraini Fadilla Telkom University
  • Patra Aditia Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i01.4154

Abstract

AbstrakIndonesia merupakan salah satu negara penghasil dan pengkonsumsi kopi terbesar di dunia. Salah satu brand yang berhasil menguasai pasar kopi di Indonesia adalah kopi Janji Jiwa. Janji Jiwa mengetahui pentingnya membangun sebuah brand image. Salah satu pendekatan kreatif yang dilakukan oleh Janji jiwa adalah dengan storytelling yang diperkuat juga dengan copywriting dan tipografi. Lewat teknik pengumpulan data melalui observasi, studi literatur, dan wawancara mendalam terhadap sejumlah informan, yang kemudian dikaitkan dengan teori semiotika, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa storytelling memperkuat brand image kopi Janji Jiwa dengan memberi kesan bahwa Janji Jiwa dimitoskan dengan peristiwa-peristiwa keseharian, seperti misalnya; pertemuan dengan sahabat, masa-masa kurang beruntung, ataupun perselisihan dengan rekan kerja.  Selain itu, makna yang terbentuk dari konten kreatif kopi Janji Jiwa adalah mitos tentang teks-teks yang dapat mengisi waktu luang, punya kemampuan untuk menimbulkan pikiran yang reflektif, punya pendekatan yang baik dan ramah, serta niat yang tulus.  Kata kunci: brand image, kopi janji jiwa, semiotik, storytelling  AbstractIndonesia is one of the largest coffee producers and consumers in the world. One of the brands that has succeeded in dominating coffee market in Indonesia is Janji Jiwa Coffee. Janji Jiwa knows the importance of building a brand image. One of the creative approaches used by Janji Jiwa is storytelling which is also reinforced by copywriting and typography. Data collection techniques were gathered through observation, literature study, and in-depth interviews with several informants, which linked to semiotic theory. The results of this study indicate that storytelling strengthens the brand image of Janji Jiwa coffee by giving the impression that Janji Jiwa is associated with daily events, for example, meetings with friends, unfortunate moments, or disputes with coworkers. In addition, the meaning of content creative development of Janji Jiwa coffee is a myth about texts that can fill spare time, have the ability to generate reflective thoughts, have a kind and friendly approach, and have sincere intentions.  Keywords: brand image, storytelling, semiotics, janji jiwa coffee

Author Biographies

Atria Nuraini Fadilla, Telkom University

Fakultas Industri Kreatif. Desain Komunikasi Visual - Designpreneur

Patra Aditia, Telkom University

Fakultas Industri Kreatif. Desain Komunikasi Visual - Designpreneur

References

Akhter, S., Khan, K., Hussainy, S. K., & Khan, E. (2016). Measuring Copywriting Impact on Brand Identification. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(12), 297-304.

Barthes, R. (2007). Membedah Mitos Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol, dan Representasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Barthes, R. (2012). Elemen-elemen Semiologi. Yogyakarta: Jalasutra.

Delgado-Ballester, E., & Fernández-Sabiote, E. (2016). “Once upon a brand”: Storytelling practices by Spanish brands. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 20(2), 115-131.

Filosofi Kopi. (2019). Kopi Janji Jiwa, Sajikan Kopi dari “Hati untuk Hati”. Diambil dari https://www.filosofikopi.com/2019/11/kopi-janji-jiwa-sajikan-kopi-dari-hati-untuk-hati.html.

Haenschen, K., & Tamul, D. J. (2019). What’s in a Font?: Ideological Perceptions of Typography. Communication Studies, 71(2), 244-261.

Jayendra Dwi, P. (2019). Kajian Semiotika Pada Kartun Bertemakan Tolak Reklamasi Teluk Benoa Karya Putu Dian Ujiana. Jurnal Nawala Visual, 1(1), 45-51.

Larasati, Rina Ayu. (2019). Ekspor Kopi Indonesia Turun, Apa Sebabnya? Diambil dari https://money.kompas.com/read/2019/10/18/224300926/ekspor-kopi-indonesia-turun-apa-sebabnya-

Mindrut, S., Manolica, A., & Roman, C. T. (2015). Building Brands Identity. Procedia Economics and Finance(20), 393-403.

Mucundorfeanu, M. (2018). The Key Role of Storytelling in the Branding Process. Journal of Media Research, 11(30), 42-54.

Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suzuki, W. A., Feliú-Mójer, M. I., Hasson, U., Yehuda, R., & Zarate, J. M. (2018). Dialogues: The Science and Power of Storytelling. The Journal of Neuroscience, 38(44), 9468-9470.

Vallejo, A., Efstathios, S., Guamán, M., Banegas, M., & Narvaez, A. (2019). The Effectiveness of Applying Storytelling in Advertising Spots. Proceedings on Engineering Sciences, 1(2), 945-958.

Downloads

Published

2024-07-03

Issue

Section

Articles