ILUSTRASI BUKU ENSIKLOPEDIA BURUNG RANGKONG DI INDONESIA

Authors

  • Andhika Putra Pradana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Masnuna Masnuna Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.3537

Abstract

AbstrakBurung Rangkong atau Enggang yang dikenal juga sebagai ‘petani hutan’ memiliki peranan penting bagi hutan tropis di Indonesia, sebab kebiasaannya yang gemar menebar biji buah sisa makanannya saat ia terbang. Biji buah yang tersebar tersebut dapat menjadi bibit pohon baru dan dapat meregenerasi hutan secara alami. Namun, keberadaan burung tersebut jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. Padahal populasi burung tersebut di alam liar sangat mengkhawatirkan, hampir semua jenis Burung Rangkong memiliki status satwa yang dilindungi. Sangat disayangkan jika masyarakat khususnya anak-anak Indonesia di masa mendatang tidak mengenal burung yang sangat penting dan eksotis tersebut. Dibutuhkan media yang dapat memuat berbagai informasi dari Burung Rangkong dan menjadi media pengenalan yang menarik bagi anak-anak, maka buku ensiklopedia berilustrasi dipilih sebagai media utama pada penelitian ini. Terdapat 2 tahap yang digunakan dalam penelitian, yaitu tahap persiapan dan tahap penciptaan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan konsep “Mengenal ‘Petani Hutan’ Indonesia”, yang digunakan sebagai acuan untuk menciptakan media buku ensiklopedia berilustrasi dengan tujuan mengenalkan berbagai hal tentang Burung Rangkong beserta jenisnya tanpa harus bertemu atau melihat langsung burung tersebut di alam maupun di suaka marga satwa. Diharapkan Buku Ensiklopedia tersebut juga dapat menjaga eksistensi Burung Rangkong yang dilindungi. Kata Kunci: Anak, Buku, Burung Rangkong, Ensiklopedia, Ilustrasi AbstractHornbill is also known as 'forest farmers', has an important role in tropical forests in Indonesia, because of its habit of spreading the leftover seeds when it flies. The scattered fruit seeds can become new tree seedlings and can naturally regenerate the forests. However, the existence of these birds is rarely known by Indonesian society. Whereas the population of these birds in the wild is very worrying, almost all types of hornbills have protected animal status. It is unfortunate if society especially future Indonesian children do not recognize this very important and exotic bird. The Media that contain information about Hornbill is needed as an interesting knowledge medium for children, so the illustrated encyclopedia book was chosen as the main media in this research. In this research, there are 2 stages used which are the preparation stage and the stage of creation. The results of this study produced the concept of "Get to know Indonesia's Forest Farmers " which is used as a reference to create an illustrated encyclopedia book media to introduce various things about hornbill and their species without having to meet or see the bird directly in nature or wildlife reserves. It is expected that the encyclopedia book can maintain the existence of the protected hornbill. Keywords: Children, Book, Hornbill, Encyclopedia, Illustration

References

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 41–50.

Kementrian Lingkungan Hidup. (2018). Status Hutan & Kehutanan Indonesia 2018. http://menlh.go.id

Kementrian Lingkungan Hidup. (2018). Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Rangkong Gading (Rhinoplax vigil) Indonesia 2018-2028. http://menlh.go.id

Nuraida, D., & Nisa, U. M. (2017). Pengembangan Ensiklopedia Morfologi, Anatomi dan Fisiologi pada Tumbuhan Berkarakter Khusus. Proceeding Biology Education Conference, 14, 503–507.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. In UGM PRESS. UGM PRESS.

Rhett A. Butler. (2019). Pahlawan Konservasi: Wawancara dengan Rangkong Indonesia. Mongabay.

Samiudin. (2017). Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk. Pancawahana, 12(1), 1–9.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). ALFABETA.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Unika Atma Jaya.

Yanty, R. H. K. C. B. T. A. I. I. M. R. (2017). Metodologi Penelitian. State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1(Metodologi Penelitian), 1–58.

Downloads

Published

2024-07-04