PERANCANGAN GAME BEDUGUL FOREST DENGAN METODE PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LUTHER-SUTOPO

Wahyu Untoro, I Putu Satwika, Anak Agung Ayu Putri Ardyanti, Wawan Sujarwo

Abstract


Abstrak

Game adalah salah satu cara yang dilakukan beberapa orang untuk merasakan kesenangan. Tidak hanya itu, game juga bermanfaat sebagai sarana untuk belajar. Game edukasi memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan pemahamaan siswa agar tertarik belajar hal-hal baru, termasuk belajar mengenai pengenalan Budaya Bali ke masyarakat umum tanpa menghilangkan sisi edukasi sejarah. Museum Panca Yadnya adalah sebuah museum yang berada di kawasan Kebun Raya Eka Karya Bali. Menurut penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, Kunjungan wisatawan tidak menentu ke objek wisata Kebun Raya Eka Karya. Oleh karena hal tersebut, peneliti merasa perlu untuk membuat sebuah game yang memperkenalkan museum Panca Yadnya kepada masyarakat umum. Dalam pembuatan game, salah satu metode yang digunakan adalah metode Luther-Sutopo dengan penambahan tahapan maintenance. Berdasarkan kombinasi metode perancangan game tersebut dibuatlah game Bedugul Forest yang mengangkat tema Museum Panca Yadnya Kebun Raya Eka Karya. Adapun setelah diuji kepada pengguna secara langsung, game Bedugul Forest mendapatkan penilaian rata-rata sangat baik dari semua aspek yang diujikan.

 

Kata Kunci: Bali, Bedugul Forest, Game Edukasi, Museum, Multimedia

 

Abstract

Game is one of the ways that several people do to experience joy. Not only that, but games also helpful as a tool to study. Game education has an objective to improve students understanding to learn new things, including learning about the introduction of Balinese culture to the public without removing the historical education side. Panca Yadnya Museum is a museum in the area of Eka Karya Botanical Garden in Bali. According to the research had been done before, tourist visits to Eka Karya Botanical Garden have been uncertain. Because of this matter, researchers fell necessary to create a game that introduces the Panca Yadnya Museum to the public. In creating the game,  one of the methods used is the Luther-Sutopo method with the addition of the maintenance stage. Based on the combination of game design methods, the Bedugul Forest game has made which took up the theme of Panca Yadya Museum Eka Karya Botanical Garden. After tested to users directly, the Bedugul Forest game gets the average excellent judgment from all aspects that had tested.

 Keywords: Bali, Bedugul Forest, Education Game, Museum, Multimedia


Full Text:

PDF

References


Adams, E. (2009). Fundamentals of Game Design (2nd ed.). Retrieved from http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=b3cd92a69cf4997b7beb271b5338611e

Andriyanto, I. (2016). Game Edukasi Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1.

Badan Pusat Statistik Bali. (n.d.). Proyeksi Penduduk Provinsi Bali Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kelamin, 2011-2020. Retrieved from https://bali.bps.go.id/dynamictable/2016/05/13/19/proyeksi-penduduk-provinsi-bali-menurut-kabupaten-kota-tahun-2011-2020-ribu-jiwa-.html

Badan Pusat Statistik Bali. (2018). Kunjungan Wisatawan Domestik ke Bali per Bulan, 2004-2017. Retrieved from https://bali.bps.go.id/statictable/2018/02/09/29/kunjungan-wisatawan-domestik-ke-bali-per-bulan-2004-2017.html

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Penerbit Andi.

Dr. Sandu Siyoto, SKM, M. K., & Nia Sari, S. Si, M. K. (2016). Aplikasi Dan Teknik Survey Bidang Kesehatan. Lliterasi Media. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Ghea Putri Fatma Dewi. (2012). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Skripsi.

google. (n.d.). Android Enterprise Solutions Directory - Devices. Retrieved from https://androidenterprisepartners.withgoogle.com./devices/

Hidayat, A., & Astari, R. W. (2018). Menjadi Game Developer Expert. Dicoding.

Jumlah pengunjung Kebun Raya LIPI tahun 2014-2017. (2017). Retrieved from krbogor.lipi.go.id/id/download/unduh_berkas/72.html

Kebun Raya Bali LIPI. (n.d.). Kebun Raya Bali LIPI Buka Museum dan Taman PancaYadnya. Retrieved from lipi.go.id website: http://lipi.go.id/berita/kebun-raya-bali-lipi-buka-museum-dan-taman-pancayadnya/20901

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN Rao). Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan.

Purnama, I. N., & Ardyanti, A. A. A. P. (2017). PERAMALAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI OBYEK WISATA BEDUGUL MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY TIME SERIES. SMARTICS Journal, 3(2), 55–58.

Putra, I. D. M. Y. A., Wiranatha, A. A. K. A. C., & Buana, P. W. (2015). Rancang Bangun Game Tapel Bali Pada Platform Android. Lontar Komputer.

Rifai, W. A. (2015). Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android. Evolution, 1–14. https://doi.org/10.1126/science.aaf2941




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i2.2334

Article Metrics

Abstract view : 1720 times
PDF - 1066 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.