KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI KAMPUNG MANDIRI SURABAYA

DIGITAL COMICS AS A PROMOTIONAL MEDIA KAMPUNG MANDIRI SURABAYA

Authors

  • Naufan Noordyanto Departemen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Sayatman
  • Wisnu Wijaya

Keywords:

komik, promosi, Kampung Mandiri

Abstract

Kampung Mandiri RW 5 Wisma Kedung Asem Indah, Surabaya, menjadi kampung percontohan dalam pembangunan berkelanjutan, namun promosi kampung ini masih terbatas dan belum maksimal memanfaatkan potensi media sosial, terutama dalam melibatkan generasi muda. Minimnya partisipasi generasi muda, terutama usia 15-21 tahun, dalam pembangunan kampung menjadi tantangan serius yang dapat menghambat keberlanjutan program-program kampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menyelidiki bagaimana merancang komik digital sebagai media promosi yang efektif untuk mengenalkan Kampung Mandiri kepada generasi muda; menginspirasi generasi muda untuk terlibat dalam kegiatan pemberdayaan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan berbasis perancangan/penciptaan desain (desain-based research). Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data, definisi masalah, ideasi, prototyping, dan strategi distribusi komik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Proses desain komik melibatkan tahapan eksperimen, validasi, dan produksi. Hasil penelitian berupa 25 chapter komik digital empat panel yang mempromosikan aspek positif dan inspiratif tentang Kampung Mandiri agar menarik dan mudah dipahami oleh generasi muda. Komik ini memanfaatkan platform Instagram untuk menjangkau audiens. Paper ini mendokumentasikan proses kreatif dan tahapan penciptaan komik digital sebagai bentuk kontribusi dalam bidang Desain Komunikasi Visual.

References

Abrijanto, J. (2023). Gubernur Khofifah Resmikan Kampung Mandiri Pertama di Surabaya. Ketik.co.id. https://ketik.co.id/berita/gubernur-khofifah-resmikan-kampung-mandiri-pertama-di-surabaya

Aditya, M. Next Door Country. https://www.webtoons.com/id/slice-of-life/next-door-country/list?title_no=932

Aggleton, J. (2018). Defining digital comics: a British Library perspective. Journal of Graphic Novels and Comics.

Ambrose, G., & Harris, P. (2010). Basic Design 08: Design Th!nking. AVA Publishing

Annisa et all. (2020). Millenials in Visual: Appointment of Educational Issue in Indonesia Through Digital Strip Comic on Instagram, ESJ (Elementary School Journal), 10(4).

Aristo, S. (2017). Pengantar Penulisan Skenario (Scripwriting). Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 24-35.

Breazeal, C. (2003). Emotion and sociable humanoid robots. Int. J. Hum. Comput. Stud. 59, 119–155. doi: 10.1016/s1071-5819(03)00018-1

Budiarti, K. O. (2018). Perancangan Buku Komik dengan Teknik Digital Tentang Mengatasi Stres pada Dewasa Awal Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi. Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Calero, C., & Turner, L. W. (2020). Regional economic development and tourism: A literature review to highlight future directions for regional tourism research. Tourism Economics, 26(1), 3-26.

Casaló, L.V., Flavián, C., & Ibáñez-Sánchez, S. (2020). Be creative, my friend! Engaging users on Instagram by promoting positive emotions. Journal of Business Research, 130, 416-425.

Chan, C. K. Y., & Lee, K. K. (2023). The AI generation gap: Are Gen Z students more interested in adopting generative AI such as ChatGPT in teaching and learning than their Gen X and millennial generation teachers?. Smart learning environments, 10(1), 60.

Endraswara, S. (2013). Metodologi penelitian sastra. Media Pressindo.

FA. (2023). Dibangun dengan Konsep Out of the Box, Gubernur Khofifah Resmikan Kampung Mandiri di Surabaya. Media Jatim. https://mediajatim.com/2023/06/06/dibangun-dengan-konsep-out-of-the-box-gubernur-khofifah-resmikan-kampung-mandiri-di-surabaya/

Faizal, A., & Ika, A. (2023, June 23) Kampung Mandiri Kedung Asem, Destinasi Baru Wisatawan Kapal Pesiar di Surabaya. Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2023/06/23/123000026/kampung-mandiri-kedung-asem-destinasi-baru-wisatawan-kapal-pesiar-di-surabaya

Frazer, R., & Moyer-Gusé, E. (2021). Engaging the Dark Side: Exploring Identification with Morally Complex Antagonists. Mass Communication and Society, 26(2), 177–200.

Fujiwara, T., Koshimizu, H., Fujimura, K., Fujita, G., Noguchi, Y., and Ishikawa, N. (2002). “A method for 3D face modeling and caricatured figure generation,” in Proceedings of the IEEE International Conference on Multimedia and Expo, (Lausanne: IEEE), 137–140.

Hasana, K. (2023). Kampung Mandiri di Surabaya, Panen Durian Sampai Kelola Limbah. IDN Times Jatim. https://jatim.idntimes.com/news/jatim/khusnul-hasana/kampung-mandiri-di-surabaya-panen-durian-sampai-kelola-limbah

Hasanah, A. (2023). Resmikan Kampung Mandiri RW 5 Kedung Baruk, Khofifah: Ini Keren Lo Rek. RRI. https://www.rri.co.id/daerah/252722/resmikan-kampung-mandiri-rw-5-kedung-baruk-khofifah-ini-keren-lo-rek

Hidayah, N.A.N., Winarno, W., & Istiqlal, M. (2022). Developing Mathematics Comics Through Instagram Themed Local Culture as an Alternative Learning Solution. Ethnomathematics Journal, 3(2), 74-85.

Ikeda, S. (2020). Influence of color on emotion recognition is not bidirectional: an investigation of the association between color and emotion using a Stroop-like task. Psychol. Rep. 123, 1226–1239. doi: 10.1177/0033294119850480

Iriane, R., Saputra, D. I. S., Indarto, D., Handani, S. W., & Indartono, K. (2022). Design of Instagram Comic Strips for Learning Media in Elementary School. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(3), 317-329.

Jang, J.Y., Han, K., Shih, P.C., & Lee, D. (2015). Generation Like: Comparative Characteristics in Instagram. Proceedings of the 33rd Annual ACM Conference on Human Factors in Computing Systems.

Jung, J. J., You, E., & Park, S. B. (2013). Emotion-based character clustering for managing story-based contents: a cinemetric analysis. Multimedia tools and applications, 65, 29-45.

Kamisin, A. ., & Achin, I. A. (2020). Analisis Personaliti Karakter Protagonis Dan Antagonis Melalui Bentuk Dan Warna Dalam

Filem Animasi Wheely (2018). Jurnal Gendang Alam, 10(2).

Kim, E., Park, J.E., Kim, J., & Koo, C. (2021). Information Characteristics on Instagram and Viewer Behavior. Information and Communication Technologies in Tourism 2021

Letterman, D., & Pekar, H. (2011). Toward a Theory of Comic Book Communication.

Liu, K., Chen, J. H., and Chang, K. M. (2019). A study of facial features of American and Japanese cartoon characters. Symmetry 11:664. doi: 10.3390/sym11050664

Madill, A. (2015). Boys’ Love Manga for Girls: Paedophilic, Satirical, Queer Readings and English. Palgrave Macmillan.

McCloud, S. (1993). Understanding comics: The invisible art. Kitchen Sink.

McCloud, S. (2008). Memahami Komik (terj. S. Kinanti). Jakarta: KPG.

Park, S., & Park, J. (2021). The Characteristics of Generation Z in the Creator Activities of Virgil Abloh. Journal of the Korean Society of Clothing and Textiles, 45, 217-232.

Risanti, Y.D., & Hani, R. (2020). Brand Value Propositions Campaigns Through Social Media Instagram.

Shim, D. (2017) Sketching Geopolitics: Comics and the Case of the Cheonan Sinking, International Political Sociology, 11(4), 398–417.

Sibbil. Lazy Cooking. https://www.webtoons.com/id/slice-of-life/lazy-cooking/list?title_no=657

Skulmowski, A., & Rey, G. D. (2021). Realism as a retrieval cue: Evidence for concreteness-specific effects of realistic, schematic, and verbal components of visualizations on learning and testing. Human Behavior and Emerging Technologies, 3, 283–295.

Soedarso, N. (2015). Komik: karya sastra bergambar. Humaniora, 6(4), 496–506.

Sung, M. K., & Putra, R. W. (2018). Pengembangan Media Interaktif Komik Elektronik Sebagai Media Edukasi Pada SDN Gandaria Utara 08 Pagi, Jakarta Selatan. Jurnal IDEALIS, 1(4), 397–403.

Syafuddin, K. (2020). Komik Digital sebagai Media Advertising di Dunia Virtual. Jurnal Purnama Berazam, 2(1), 54–68.

Tilley, C.L. (2013). Superman Says, ‘Read!’ National Comics and Reading Promotion. Child Lit Educ, 44, 251–263.

Ueno, M. (2019). Structure analysis on common plot in four-scene comic story dataset. In MultiMedia Modeling: 25th International Conference, MMM 2019, Proceedings, Part II 25 (pp. 625-636). Springer International Publishing.

We Are Social. (2023). Digital 2023. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/

Wessler, J., and Hansen, J. (2021). Facial mimicry is independent of stimulus format: evidence for facial mimicry of stick figures and photographs. Acta Psychol. 213:e103249. doi: 10.1016/j.actpsy.2020.103249

Yuana, L. (2023). Gubernur Jatim Khofifah Resmikan Kampung Mandiri Perkotaan Pertama di Jatim. Surabaya Times. https://surabaya.times.co.id/news/berita/pc0xo0d8l3/Gubernur-Jatim-Khofifah-Resmikan-Kampung-Mandiri-Perkotaan-Pertama-di-Jatim

Zaharia, T., Marre, O., Prêteux, F., and Monjaux, P. (2008). “FaceTOON: a unified platform for feature-based cartoon expression generation,” in Proceedings of the Three-Dimensional Image Capture and Applications 2008, (San Jose, CA: International Society for Optics and Photonics), 68050S.

Downloads

Published

2025-04-11

Issue

Section

Articles