STRATEGI INOVATIF PENINGKATAN DAYA SAING IKATAN AHLI BOGA INDONESIA (IKABOGA) MELALUI PERANCANGAN WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i04.11257Keywords:
daya saing, IKABOGA, media digital, website, strategi inovatifAbstract
Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh Ikatan Ahli Boga Indonesia (IKABOGA) adalah ketidakmampuan dalam membangun citra dan keterbatasan akses pasar. Meskipun memiliki beragam produk dan jasa, anggota IKABOGA kesulitan mengatasi batasan jangkauan pasar dan memahami efisiensi biaya operasional melalui media digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan strategi inovatif melalui media interaktif digital berupa website yang dapat signifikan meningkatkan daya saing melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota IKABOGA hingga perluasan akses pasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah waterfall, dengan tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, serta pemeliharaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah studi literatur, observasi, serta wawancara. Hasil uji media interaktif digital berupa website yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi anggota dan perbaikan keterampilan anggota memberikan kontribusi positif terhadap citra IKABOGA dan membuka peluang baru dalam memperluas akses pasar. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa strategi inovatif melalui media interaktif digital dapat menjadi salah satu solusi efektif untuk mengatasi kendala tersebut, memberikan dampak positif terhadap daya saing dan pertumbuhan IKABOGA di era digital.References
Bank Indonesia. 2020. Transformasi UMKM untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif. Jakarta: Bank Indonesia.
Budi, M. 2023. Indonesian Creative Economy 2025: Creative Industries MSMEs Competitiveness Strategy Towards International Markets Through Soar Analysis. Journal of Indonesian Applied Economics. 11. 13-26. 10.21776/ub.jiae.2023.011.01.2.
Budiarti, M.A., 2024. Peran Vital Desain Branding dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha dan Mendukung Pertumbuhan UMKM. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi, 4(1).
Dedi, D., Hadinata, W., Ramadhan, R. & Arifin, A. 2023. Pemanfaatan Sistem Berbasis Web dalam Memperluas Lingkup Pemasaran Produk UMKM. JURNAL TREN BISNIS GLOBAL. 3. 98. 10.38101/jtbg.v3i2.10645.
Devianalia, D. & Nurmalina, R., 2020. Peran Stakeholder dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil di Kota Padang. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 9(3), pp. 203–216. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2020.009.03.5.
Dewan Teknologi Informasi & Komunikasi Nasional. 2022. Digitalisasi UMKM, dari Hulu, hingga Hilir. Jakarta: WANTIKNAS.
Ganiem, H. & Syaifuddin, H., 2024. PkM IKABOGA dalam membangun citra melalui personal branding dan PSR pengusaha UMKM. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 5(2), pp. 160–179. https://doi.org/10.25105/dq5yrj89.
Hidayat, W., Rapiyanta, P. & Shidiq, F. 2020. Perancangan Website Desa Wisata Wukirsari Bantul Sebagai Media Promosi dan Pemesanan. Jurnal Infortech. 2. 1-7. 10.31294/infortech.v2i1.7472.
Hidayati, W. 2022. Strategi Pemasaran Produk dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kabupaten Pangkep. JUMANJI (JURNAL MANAJEMEN JAMBI). 5. 62-70. 10.35141/jmj.v5i2.740.
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2022). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2019-2022). Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.
Octaviany, A., Gunawan, E. S. & Yonatia, J. 2023. Media Promosi untuk Mempromosikan Produk Kerajinan Lokal Indonesia.
Panja, E., Sediyono, E. & Hendry, H. 2023. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA ATAP BUKIT COFFEE. Jurnal Mnemonic. 6. 35-40. 10.36040/mnemonic.v6i1.5845.
Pusadan, M., Sahrullah, S. & Dwiwijaya, K. (2023). e-Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Usaha UMKM Bertransformasi Digital. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI). 4. 67-75. 10.36590/jagri.v4i2.683.
Rokhman, B. & Haswanto, N. (2024). Perancangan Website Kuliner Pecel Madiun Sebagai Media Pelestarian Warisan Budaya Tak Benda Indonesia: Design of The Culinary Pecel Madiun Website as A Media for Preserving Intangible Cultural Heritage Of Indonesia. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science. 4. 212-223. 10.57152/malcom.v4i1.1055.
Royce, W. W., 1970. Managing the Development of Large Software Systems. Proceedings of IEEE WESCON, pp. 1–9. Available at: https://doi.org/10.1109/ACDC.1970.1178258
Setyabudhi, R. H. H. 2021. PERANCANGAN BRANDING IDENTIY SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK UMKM SALAD BUAH BERKAH JAYA. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi. 1. 1-18. 10.33479/sb.v1i2.98.
Soedewi, S. 2022. PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN WEBSITE UMKM KIRIHUCI. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual. 10. 17. 10.34010/visualita.v10i02.5378.
Swasty, W. & Utama, J. 2017. Warna sebagai Identitas Merek pada Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. 3. 1-16. 10.33633/andharupa.v3i01.1294.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).