TRANSFORMASI PROSES KREASI MAHASISWA FSRD DARI KONVENSIONAL KE DIGITAL (STUDI KASUS: RUPA DASAR DUA DIMENSI)
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i04.11237Keywords:
proses kreasi, rupa dasar, dua dimensi, cara digital, cara konvensionalAbstract
Rupa Dasar Dua Dimensi I (RD2D I) merupakan mata kuliah dasar dalam kurikulum Tahap Persiapan Bersama (TPB) pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) di Institut Teknologi Bandung (ITB). Tujuan kurikulum mata kuliah ini untuk memperkenalkan dasar kesenirupaan melalui proses kreasi untuk melatih keterampilan tangan, memberi pemahaman, dan mengasah kreativitas dalam mengolah unsur dan prinsip visual. Awalnya proses kreasi dilakukan dengan cara konvensional, namun dalam beberapa tahun terakhir terjadi pergeseran menggunakan media digital. Pergeseran ini memunculkan gap antara kompetensi yang diasah melalui cara konvensional dan digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis transformasi tersebut dengan fokus pada gap antara cara konvensional dan digital serta menganalisis tren penggunaan media digital pada RD2D I. Melalui kombinasi metode observasi partisipatoris, wawancara, dan kuesioner, penelitian ini mengeksplorasi sejauh mana mahasiswa mengadopsi media digital, kapan pergeseran cara ini terjadi, dan apa alasan di balik preferensi mereka memilih cara digital. Hasilnya, sebagian besar mahasiswa telah beralih ke penggunaan media digital karena proses kreasi membuat tugas RD2D I menjadi lebih mudah, praktis, dan cepat. Meskipun begitu, cara konvensional memberikan pengalaman estetika yang lebih intens. Potensi riset ke depannya dapat mengeksplorasi integrasi cara digital dan konvensional dalam berbagai mata kuliah praktik lainnya, sekaligus mengevaluasi cara terbaik untuk mempertahankan kualitas pembelajaran.References
Alexander, J., Pangestu, D. R., Nicolas, F., & Hakim, L. (2020). Penerapan Genetic Neural Network dalam Pemilihan Color Palette untuk Desain Skema Warna. CogITo Smart Journal, 6(2), 284–297. https://doi.org/10.31154/cogito.v6i2.271.284-297
Andres, P., Dobrovská, D., Vaněček, D., & Miština, J. (2021). The Impact of the Pandemic Crisis on Technology Standard of Traditional University Education. International Conference on Interactive Collaborative Learning, 187–198. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-93907-6_20
Ayuningtyas, N. L., & Sari, N. (2024). Student Creation Process in Making Basic Two-Dimensional Art and Design Assignments by Digital Methods. 13(2), 419–428.
Combes, B. (2021). Techno Savvy and All-knowing or Techno-oriented. IASL Annual Conference Proceedings. https://doi.org/https://doi.org/10.29173/IASL7929
Ernawati, E., Ilmu, J., Seni, K., Mubarat, H., & Ilhaq, M. (2020). Kecerdasan Spasial Dalam Memahami Trimatra: Studi Strategi Pembelajaran Mata Kuliah Nirmana 2 (Trimatra). Prasi, 15(01), 125–139. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.24118
Hendriyana, H., & Ds, M. (2022). Rupa dasar (Nirmana): Asas dan prinsip dasar seni visual. Penerbit Andi.
Mubarat, & Ilhaq. (2021). Telaah Nirmana sebagai Proses Kreatif Dalam Dinamika Estetika Visual. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 23(1), 125–139.
Primasanti, H. (2023). Belajar Desain Grafis Untuk Pemula. Anak Hebat Indonesia.
Sari, N. (2014). Intersubjektivitas pada Proses Pembelajaran Rupa Dasar Tiga Dimensi dan Pengaruhnya pada Bentuk Studi Kasus pada Pembelajaran Rupa Dasar Tiga Dimensi di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung. Institut Teknologi Bandung.
Sari, Y. D. (2019). Analisis Sistem Pengajaran Rupa Dasar di Jurusan Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung. Institut Teknologi Bandung.
Tabrani, P. (2023). Potensi Manusia: Kreativitas (IV). ITB Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).