MENERJEMAHKAN SENI LOWBROW KE DALAM IDENTITAS VISUAL MAHAVISUAL STUDIO

Authors

  • Andreas Slamet Widodo Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Henrieta Magdalena Gracia Putri Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i04.11121

Keywords:

Identitas Visual, Semiotika, Seni Lowbrow

Abstract

Seni Lowbrow yang pada awalnya diremehkan, kini menjadi bagian dari budaya populer bernilai transaksi tinggi. Tingginya peminat terhadap seni Lowbrow membuka peluang bagi Mahavisual Studio untuk menjadi pihak ketiga yang menjembatani brand, seniman, dan masyarakat. Kredibilitas menjadi nilai yang penting bagi Mahavisual Studio sehingga perlu membangun impresi yang profesional, salah satunya melalui identitas visual. Meskipun demikian, saat ini identitas visual dari Mahavisual Studio masih didefinisikan oleh senimannya. Penelitian kualitatif deskriptif ini menganalisis seni Lowbrow dalam karya Mahavisual Studio menggunakan pendekatan metodologi visual dan semiotika untuk menemukan pemaknaan yang tepat sebagai landasan konsep identitas visual Mahavisual Studio. Berdasarkan pemaknaan tersebut kemudian disusun sebuah strategi guna memperkuat positioning Mahavisual Studio di industri kreatif Indonesia. Hasil penelitian menemukan bahwa seni Lowbrow adalah esensi dari Mahavisual Studio. Temuan tersebut dapat diwujudkan dengan pendekatan untuk menghadirkan seni yang inklusif dan mudah dinikmati lintas kalangan.

Author Biography

Henrieta Magdalena Gracia Putri, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Desain Komunikasi Visual , Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret

References

Arifin, Moch Z., and FX S. Sadewo. 2017. “ANALISIS FENOMENOLOGI TENTANG MOTIF-

MOTIF SOSIAL PENGGIAT SENI JALANAN GRAFITI DI SURABAYA.” Paradigma 5 (1): 1-5.

Barthes, Roland. 1972. Mythologies. N.p.: Hill and Wang.

Barthes, Roland. 1977. Elements of Semiology. N.p.: Farrar, Straus and Giroux.

Behrens, Roy R. 1998. “Art, Design and Gestalt Theory.” Leonardo 31 (4): 299-303.

Bilgi, Irem. 2017. “Lowbrow Art Movement as a Subculture Art and its Effects on Visual

Design.” New Trends and Issues Proceedings on Humanities and Social Sciences 4 (11): 232-239.

British Council and Komite Ekonomi Kreatif Jakarta. 2022. Jakarta Creative

Practitioners and Hubs Mapping Research. Jakarta: British Council x Komite Ekraf Jakarta.

Bruhn, Katherine. 2017. “Art Jog and Indonesia's New Art Public.” Explorations: A

Graduate Student Journal of Southeast Asian Studies 13 (1): 23-32.

Carvalho, Lucas C. 2017. “AN ETHNOGRAPHIC STUDY OF TAGGING CULTURES.”

Behavior and Social Issues 26 (1): 67-94.

Dawami, Angga K. 2017. “POP ART DI INDONESIA.” JURNAL DESAIN 4 (3): 143-152.

Givens, Joseph R. 2013. Lowbrow art : the unlikely defender of art history's tradition.

N.p.: LSU Master's Theses.

Ivio Agency. 2021. “The Creator Brand Archetype - Storytelling Resource & Usage Guide

.” Ivio Agency. https://ivioagency.com/creator-brand-archetype-storytelling-resource-and-usage-guide/ [Diakses pada 2 Juli 2024]

Laire, Laura. 2023. “What Is the Creator Brand Archetype? Deep Dive + Examples.”

LAIRE Digital Marketing Agency. https://www.lairedigital.com/blog/the-creator-brand-archetype. [Diakses pada 2 Juli 2024]

Mark, Margaret, and Carol S. Pearson. 2001. The Hero and the Outlaw: Building

Extraordinary Brands Through the Power of Archetypes. N.p.: McGraw-Hill Education.

Ministry of Foreign Affairs Indonesia. 2022. Projecting Indonesia's Creative Economy

Potential on the Global Stage. Directorate General of Multilateral Cooperation.

Oppelt, Julian. 2023. “What Is a Visual Identity and Why Does It Play a Crucial Role in

Branding?” The Branding Journal.

https://www.thebrandingjournal.com/2023/05/visual-identity/ [Diakses pada 2 Juli 2024]

Ortlieb, Stefan A., and Claus-Christian Carbon. 2019. “Kitsch and Perception: Towards a New ‘Aesthetic from Below.’” Art & Perception 7 (1): 1-26.

Paoletti, Jo B. 2013. Pink and Blue: Telling the Boys from the Girls in America. Indiana

University Press.

Pramana, Gede I., and Azhar Irfansyah. 2019. “STREET ART SEBAGAI KOMUNIKASI

POLITIK: SENI, PROTES, DAN MEMORI POLITIK.” JURNAL ILMIAH WIDYA

SOSIOPOLITIKA 1 (2): 98-108.

Rose, Gillian. 2016. Visual Methodologies: An Introduction to Researching with Visual

Materials. N.p.: SAGE Publications.

Downloads

Published

2024-12-30