Analisa Variasi Jumlah Produk Teh Tong Tji Terhadap Preferensi Konsumen

Ridwan Hartono, Rudi Tjahyono, Felix Christian Santoso, Widi Burhanudin Fallah

Abstract


Penelitian bertujuan menganalisis banyaknya variasi produk dan harga terhadap preferensi konsumen dalam membeli produk PT. Tong Tji Tegal. Teknik analisis data yang digunakan berupa wawancara untuk meraih informasi yang sah secara efektif. dan mengolahnya dengan metode kuantitatif sehingga mendapatkan hasil yang valid dan diinginkan oleh peneliti. Temuan dari studi tersebut mengindikasikan bahwa adanya perbedaan dalam produk memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara harga juga memiliki dampak yang positif dan signifikan pada keputusan pembelian. Selain itu, variasi dalam produk dan harga juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Memiliki banyak varian dapat mempengaruhi pengelolaan stok dan persediaan. Produsen harus memastikan bahwa mereka memiliki persediaan yang cukup dari setiap varian yang diminati oleh konsumen agar tidak kehabisan stok atau menghadapi masalah kelebihan persediaan. Banyaknya varian teh tidak hanya sebatas rasa, tetapi juga mencakup kualitas dan sumber bahan baku. Konsumen yang berbeda mungkin mencari teh dengan kualitas yang berbeda, seperti teh organik atau teh dari lokasi tertentu. Dalam analisis ini, penting untuk terus memonitor pasar dan beradaptasi dengan perubahan dalam preferensi konsumen serta tren industri. Kunci kesuksesan adalah memahami pelanggan Anda dan menawarkan varian yang memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Keywords


Variasi Produk; Harga; Preferensi Konsumen

Full Text:

PDF

References


American Marketing Association yang dikutip oleh Philip Kotler dan Keller Kevin Lane yang diterjemahkan oleh Bob sabran (2009).

Basu Swasta dan T.H. Handoko., Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta Liberty. 1983.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta Erlangga, 2010.

Ali Oetomo, Rahardian. “Analisis Pengaruh Keragaman Menu, Persepsi Harga, dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang)”. 2012.

Asep Taufik Hidayat; Funny Mustikasari Elita dan Agus Setiaman. HubunganAtribut Produk Dengan Minat Beli Konsumen., FIKOMUniversitas Padjadjaran., Bandung. E-Jurnal Mahasiswa Universita Padjajaran, 2012, Volume 1. No.1.

Yamit Z, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia. Yogyakarta. http:www.topbrand-award.com, 2016.

Punthadyhatma, F. Crowdsourcing: “Strategi Pengembangan dan Strategi Bersaing Freelancers di Pasar Internasional (Doctoral dissertation)”. 2018.

Gatsu, C. V, Perkasa, J., & Sylvia, A. “Implementasi Metode 5S Sebagai Usulan Perbaikan dan Pengembangan Manajemen Operasional dan Area Kerja di. Journal Industrial Engineering & Management Research (Jiemar)”, 1(3), 2722–8878. http://www.jiemar.org. 2020.

Perbaikan Sistem Kerja Dengan Pendekatan macroergonomic Analysis and Design (Mead) Untuk Meningkatkan Produktifitas Pekerja. OPSI - Jurnal Optimasi Sistem Industri, 2017, 12(1), 36–47.

Prastiya, A. “Efektivitas Implementasi Program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Di Pt Pjb Up Gresik”. Manajerial, 2018, 1(1), 72.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Marketing Managemen.t Fourteenth Edition. New Jersey: Pearson Education, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33633/aiej.v7i2.9171

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Ridwan Hartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Applied Industrial Engineering Journal (AIEJ) is published by Universitas Dian Nuswantoro and is indexed in: 

   

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats