Rancang Bangun Monitoring Heart Rate dan SpO2 dengan Photoplethysmography (PPG)

Tiari Veronica Siahaan, Vincent Suhartono, Dita Ayu Mayasari

Abstract


Pola hidup yang tidak sehat sudah sangat melekat pada kehidupan manusia di zaman modern seperti saat ini. Merokok, makanan cepat saji dan berlemak tinggi, dan jarang berolahraga menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit pada sistem kardiovaskular. Satu dari sepuluh kematian di dunia disebabkan oleh Penyakit pada sistem kardiovaskular. Peranan alat medis dalam mendeteksi detak jantung dan SpO2 untuk membantu dokter mendapatkan mendiagnosa gejala-gejala awal dari penyakit jantung. Seperti oximeter yang dapat mendeteksi detak jantung (heart rate) dan kadar oksigen dalam darah (SpO2), akan tetapi oximeter tidak dapat menampilkan diagnosis awal dari hasil yang telah didapatkan. Dimana pasien tetap dapat mengukur heart rate dan SpO2 sesaat setelah melakukan aktivitas sehari-hari lalu data yang nantinya didapat dan diolah akan dikirim ke web server yang sudah tersambung dengan dokter maupun perawat. Penelitian ini menggunakan sensor MAX30100 dimana sensor ini melakukan pengukuran dengan metode photoplethysmography yang nantinya akan mendapatkan nilai dari heart rate dan SpO2, lalu menggunakan NodeMCU ESP32 sebagai microcontroller yang berfungsi sebagai penyimpanan data dan alat bantu untuk mengirimkan data ke web server setelah dilakukannya proses clustering data agar dapat menampilkan indikasi dari hasil pengukuran dan menggunakan Organik LED (OLED) untuk menampilkan hasil pengukuran.


Keywords


oximeter; SpO2; Photoplethysmography; NodeMCU ESP32; MAX30100

Full Text:

PDF

References


Delima D, Siswoyo H. Prevalensi dan faktor determinan penyakit jantung di Indonesia.

D. Kardiologi, F. K. Universitas, I. J. Nasional, and D. Harapan, “Mengatasi Aritmia , Mencegah Kematian Mendadak * Yoga Yuniadi,” vol. 5, no. 3, 2017, doi: 10.23886/ejki.5.8192.Pendahuluan.

Shianata CM, Engka JN, Pangemanan DH. Happy Hypoxia Pada Coronavirus Disease. Jurnal Biomedik: JBM. 2021 Mar 14;13(1):58-66.

C. P. Oximeter and H. Sensor, “Pulse Oximeter and Heart-Rate Sensor IC for Wearable Health MAX30100 Pulse Oximeter and Heart-Rate Sensor IC for Wearable Health Absolute Maximum Ratings Supply Current in Shutdown,” pp. 1–29, 2014, [Online]. Available: https://pdf1.alldatasheet.com/datasheet- pdf/view/879178/MAXIM/MAX30100. html.

Shenzhen Ai-Thinker Technology, “Nodemcu - 32s Datasheet,” pp. 1–12, 2019, [Online]. Available: http://wiki.ai- thinker.com/_media/esp32/docs/nodemc u-32s_product_specification.pdf.

Sukar MS. Reading and Monitoring of ECG sensor signal Based on Arduino (Doctoral dissertation, University of Babylon).

Chan ED, Chan MM, Chan MM. Pulse oximetry: understanding its basic principles facilitates appreciation of its limitations. Respiratory medicine. 2013 Jun 1;107(6):789-99.




DOI: https://doi.org/10.33633/aiej.v6i2.8957

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Tiari Veronica Siahaan, Vincent Suhartono, Dita Ayu Mayasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Applied Industrial Engineering Journal (AIEJ) is published by Universitas Dian Nuswantoro and is indexed in: 

   

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats