Implementasi Internet of Things pada Heart Rate dan SpO2 dengan Fotopletismograf

Rahma Eka Oktavianti, Vincent Suhartono, Helmy Rahadian

Abstract


Perkembangan internet saat ini sangat pesat dan berdampak luas pada berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu konsep yang berkembang saat ini dalam penggunaan internet adalah Internet of Things (IoT) yang mengacu pada penggunaan koneksi internet yang selalu on setiap saat. Tujuan IoT adalah menghubungkan perangkat secara online untuk membantu mengotomatiskan tugas atau pekerjaan seseorang. Pada era sekarang yang mengusung industry 4.0 berbasis IoT dimana segala aspek mulai dikirim melalui internet, sehingga lebih praktis dan fleksibel. Dengan dihubungkannya alat medis ke dalam IoT, akan memudahkan seorang tenaga medis bahkan pasien untuk memonitoring kesehatannya sendiri secara real time. Pada IoT menggunakan ESP32 sebagai mikrokontroller sekaligus penghubung dengan jaringan internet (Wi-Fi). Dalam implementasi IoT disini menggunakan Web server Local Host sebagai penampil dari data yang dikirim ke internet. Dalam IoT ini juga menggunakan Bahasa C pada Arduino IDE dimana program tersebutlah yang nantinya akan digunakan sebagai penghubung hardware tersebut ke internet untuk mengirim data dari hasil Heart Rate dan SPO2 yang telah diproses dan disimpan. Pemantauan pada alat ini dilakukan secara wireless, sehingga dokter atau pasien dapat memonitor detak jantung dan saturasi oksigen secara real time melalui PC atau web menggunakan WI-FI.


Keywords


Internet Of Things; Heart Rate; SPO2; Local Host; ESP32

Full Text:

PDF

References


A. I. Priambudhi, "IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS DALAM PEMANTAUAN SPO2 JARAK JAUH," UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO, SEMARANG, 2020.

A. F. Kusuma Wardani, I. D. G. Hari Wisana and T. Rahmawati, "HOLTER MONITOR,"POLITEKNIK KESEHATAN KEMENTRIAN KESEHATAN SURABAYA, vol. 3, no. 1, pp. 1-8, 2018.

F. H. Sipayung, K. N. Ramadhani and A. Arifianto, "Pengukuran Detak Jantung Menggunakan Metode Fotopletismograf," e-Proceeding of Engineering, vol. Vol.5, no. No.2 , p. Page 3664, 2018.

A. N. Qahar, "Desain Alat Ukur Denyut Jantung Dan Saturasi Oksigen Pada Anak Menggunakan Satu Sensor," Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta, 2018.

D. E. Savitri, "Gelang Pengukur Detak Jantung Dan Suhu Tubuh Manusia Berbasis IOT," Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah , Jakarta , 2020.

B. Sugandi, M. H. Satria, H. Arif, N. and I. H. Mulyadi, "LOW COST WIRELESS ECG PATCH USING ESP32," Jurnal Integrasi, vol. Vol. 12, no. No. 1, pp. 31-35, 2020.

"D32 Boards," Wemos Elecctronic, 2018.

F. R. Alifiandi, E. S. Pramukantoro and R. Primananda, "Penerapan Mekanisme Transmisi Data ECG Berbasis Teknologi LoRa (Long Range)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. Vol. 4, no. No. 1, pp. hlm. 90-99, 2020.

R. Hariri, L. Hakim and R. F. Lestari, "Sistem Monitoring Detak Jantung Menggunakan Sensor AD8232 Berbasis Internet of Things," IncomTech, Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, vol. vol.9, no. no.3, pp. 164-172, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33633/aiej.v7i2.8954

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Rahma Eka Oktavianti, Vincent Suhartono, Helmy Rahadian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Applied Industrial Engineering Journal (AIEJ) is published by Universitas Dian Nuswantoro and is indexed in: 

   

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats