Strategi Pemasaran Menggunakan Metoda Strength Weekness Opportunity Threat (SWOT)
DOI:
https://doi.org/10.33633/aiej.v6i2.7538Keywords:
SWOT, IFAS, EFAS, IEAbstract
CV. Aneka Kulit adalah salah satu produsen yang bergerak di bidang kulit sapi dan kulit hewan lainnya yang terletak di Tahunan Jepara, Jawa Tengah dan sudah berdiri selama 11 tahun. Permasalahan yang terjadi pada CV. Aneka Kulit yaitu terjadi penurunan penjualan di sebabkan karena Persaingan usaha sejenis dan Kurangnya promosi pada CV. Aneka Kulit. Penentuan strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT menghasilkan alternatif strategi pemasaran yaitu strength opportunity (SO). Sedangkan penentuan strategi pemasaran dengan menggunakan Metode AHP menghasilkan strategi adalah (SO3), (SO4), (SO5), dengan bobot 0,27,0,27,0,27 sehingga strategi pemasaran yang terpilih untuk diterapkan pada CV. Aneka Kulit yaitu (SO3), (SO4), (SO5) yaitu Mempertahankan kualitas produk, Menambah karyawan untuk bagian promosi, menambah karyawan untuk mengolah limbah kulit.References
Rangkuti F. Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama; 1998.
Sánchez-Cambronero A, González-Cancelas N, Serrano BM. Analysis of port sustainability using the PPSC methodology (PESTEL, Porter, SWOT, CAME). World Sci News. 2020;146:121–38.
Rangkuti F. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI [Internet]. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2013. 30 p. Available from: http://oaji.net/articles/2015/1937-1429848752.pdf
Wind Y, Saaty TL. Marketing applications of the analytic hierarchy process. Manage Sci. 1980;26(7):641–58.
Downloads
Published
2022-12-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irwan Sukendar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.