Strategi Pemasaran Menggunakan Metoda Strength Weekness Opportunity Threat (SWOT)

Authors

  • Irwan Sukendar Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.33633/aiej.v6i2.7538

Keywords:

SWOT, IFAS, EFAS, IE

Abstract

CV. Aneka Kulit adalah salah satu produsen yang bergerak di bidang kulit sapi dan kulit hewan lainnya yang terletak di Tahunan Jepara, Jawa Tengah dan sudah berdiri selama 11 tahun. Permasalahan yang terjadi pada CV. Aneka Kulit yaitu terjadi penurunan penjualan di sebabkan karena Persaingan usaha sejenis dan Kurangnya promosi pada CV. Aneka Kulit. Penentuan strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT menghasilkan alternatif strategi pemasaran yaitu strength opportunity (SO). Sedangkan penentuan strategi pemasaran dengan menggunakan Metode AHP menghasilkan strategi adalah (SO3), (SO4), (SO5), dengan bobot 0,27,0,27,0,27 sehingga strategi pemasaran yang terpilih untuk diterapkan pada CV. Aneka Kulit yaitu (SO3), (SO4), (SO5) yaitu Mempertahankan kualitas produk, Menambah karyawan untuk bagian promosi, menambah karyawan untuk mengolah limbah kulit.

References

Rangkuti F. Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama; 1998.

Sánchez-Cambronero A, González-Cancelas N, Serrano BM. Analysis of port sustainability using the PPSC methodology (PESTEL, Porter, SWOT, CAME). World Sci News. 2020;146:121–38.

Rangkuti F. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI [Internet]. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2013. 30 p. Available from: http://oaji.net/articles/2015/1937-1429848752.pdf

Wind Y, Saaty TL. Marketing applications of the analytic hierarchy process. Manage Sci. 1980;26(7):641–58.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles