Perancangan Ulang (Redesign) Produk Tangan Palsu Dengan Metode 3D Printing

Muhammad Sofyan Karim, Pramudi Arsiwi

Abstract


Perkembangan dalam bidang Kesehatan selalu dibutuhkan setiap waktu, terutama dari segi teknologi. Salah satu hasil kreativitas di bidang Kesehatan yang berasal dari Semarang adalah adanya produk tangan palsu yang dicetak menggunakan mesin 3D print. Latar belakang permasalahan yang dihadapi dari teknologi 3D print tangan palsu saat ini yaitu terkait kualitas tangan palsu yang masih kurang baik yaitu dari aspek harga, desain, dan fungsi. Pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan ulang tangan palsu dari desain yang sudah ada saat ini. Hasil rancangan yang telah dibuat dengan mempertimbangkan aspek harga, desain, dan fungsi terbukti sangat efektif dari segi fungsi dimana tangan tersebut dapat menggenggam, berbeda dengan tangan palsu lainnya dimana hanya berfokus pada estetika, hal ini tentu sangat membantu seorang disabilitas yang memiliki cacat pada tangan dari fungsi tangan itu sendiri. Tangan palsu yang dirancang juga memiliki bobot yang lebih ringan daripada yang lain dikarenakan berbahan dasar filament ABS+ dengan bobot sebesar ± 300 gram. Dan dari segi harga, tangan palsu ini memiliki nilai harga yang lebih terjangkau dikarenakan proses pembuatannya menggunakan 3D printing.


Keywords


Perancangan Produk;Kualitas;Tangan Palsu

Full Text:

PDF

References


Kemenkes, “Situasi Disabilitas,” Pus. Data dan Inf. Kementrian Kesehat. RI, pp. 1–10, 2019.

N. Rachmat, “Pengaruh Penggunaan Kaki Palsu terhadap Kepercayaan Diri Pasien Post Amputasi Kaki,” J. Kesehat., vol. 7, no. 1, p. 101, 2016, doi: 10.26630/jk.v7i1.126.

K. S. Putra and U. R. Sari, “Pemanfaatan Teknologi 3D Printing Dalam Proses Desain Produk Gaya Hidup,” Semin. Nas. Sist. Inf. dan Teknol. Inf. 2018, pp. 1–6, 2018.

T. Rayna and L. Striukova, “From rapid prototyping to home fabrication: How 3D printing is changing business model innovation,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 102, pp. 214–224, 2016, doi: 10.1016/j.techfore.2015.07.023.

N. Akhfridho, “Perancangan dan pembuatan tangan palsu sebagai alat bantu orang cacat tugas akhir,” 2011.




DOI: https://doi.org/10.33633/aiej.v6i1.6538

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muhammad Sofyan Karim, Pramudi Arsiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Applied Industrial Engineering Journal (AIEJ) is published by Universitas Dian Nuswantoro and is indexed in: 

   

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats