Analisa Kepuasan Kerja Dalam Perusahaan Ekspedisi RAPL (Rayhan Alffard Proffesional Logistik)

Authors

  • Ridwan Hartono Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/aiej.v6i1.6442

Keywords:

perilaku konsumen, kepuasan kerja, metode deskriptif, logistik

Abstract

Sejak era pandemi mulai masuk mengancam siklus usaha di seluruh dunia, banyak usaha usaha konvensional yang bangkrut, karena tidak mampu menutup beban operasional mereka. Dengan banyak tutupnya bisnis yang berbasis offlline, bisnis online mulai menjamur dan berkembang pesat, bahkan tumbuh hingga 30% di era pandemi ini. Seiring dengan tumbuhnya bisnins online, maka usaha logistik dan transportasi pun juga bertumbuh pesatMenarik untuk dicermati, bagaimana strategi usaha pengembangan usaha logistik, karena perubahan perilaku konsumen yang dari berbelanja offline dan berpindah ke online, tentu akan membawa dampak yang besar dalam sektor transportasi di masa mendatang. Untuk itu akan dilakukan observasi tentang bagaimana sebuah perusahaan logistik memberdayakan karyawan nya, untuk dapat bersaing dengan para pendatang baru di bidang trasnportasiRAPL (Rayhan Alffard Profesional Logistik) merupakan sebuah perusahaan yang berjalan dibidang transportasi dan trucking yang memiliki kantor pusat di Jl.H.Sabrawi Tirto Kota Pekalongan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kepuasan kerja yang ditinjau dari faktor gaji, penyelia, pekerjaan itu sendiri, promosi dan teman sekerja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan pengamatan dilapangan RAPL masih banyak faktor yang memengaruhi pekerja dalam kepuasan kerja

Author Biography

Ridwan Hartono, Universitas Dian Nuswantoro

Program Studi Teknik Industri

References

M. S. P. Hasibuan, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah (Edisi Revisi), Ed.Rev., C. Jakarta : Bumi Aksara., 2004, 2004.

T. Melani and Suhaji, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi ‘Yayasan Pharmasi’ Semarang),” J. Kajian Kuntansi Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 103–128, 2012.

J. Ilmu et al., “Analisis Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan (Studi kasus pada Karyawan Kontrak PT. Kharisma Ide Nusantara Garmindo Cibitung-Bekasi) Employee Satisfaction Analysis (Case study on Employee Contract PT. Kharisma Ide Nusantara Garmindo Cibitung-Bekasi).” [Online]. Available: http://www.fisipundip.ac.id

A. Kinicki, Organizational Behavior: A Practical, Problem-Solving Approach 3rd Edition. 2021.

T. Melani and Suhaji, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi ‘Yayasan Pharmasi’ Semarang),” J. Kajian Kuntansi Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 103–128, 2012.

Fred. Luthans, Organizational behavior : an evidence-based approach. McGraw-Hill Irwin, 2011.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles