Analisis E-Commerce dengan Pembuatan Channel Youtube untuk Meningkatkan Penjualan di Bank Sampah Resik Becik

Authors

  • Miftahuddin Miftahuddin Universitas Dian Nuswantoro
  • Ratih Setyaningrum Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/aiej.v5i2.5807

Keywords:

Bank Sampah, Daur Ulang, E-Commerce, Promosi, Youtube

Abstract

Adanya wadah bagi masyarakat dalam mengelola sampah dalam hal ini yaitu Bank Sampah Resik Becik yang berada di Krobokan Semarang. Selain dapat mengurangi tingkat pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sampah-sampah tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan produk kreasi yang dapat dipasarkan. Adanya penurunan dalam penjualan produk di Bank sampah Resik becik di karenakan adanya pandemi dan masih menggunakan system yang tradisional. Di era seperti pemilik usaha sangat di haruskan kreatif dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi. Dari perspektif komunikasi Electronic Commerce (EC) merupakan pengiriman informasi produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya. Teknologi informasi   khususnya internet sangat mempengaruhi dunia marketing. Dengan adanya hal tersebut upaya peningkatan penjualan yang ada di Bank Sampah Resik Becik dengan mempromosikan penjualan melalui media sosial dengan menggunakan channel youtube melalui materi materi yang telah kami pelajari di mata kuliah strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan youtube memiliki jumlah persentase tertinggi diantara intragram dan tiktok.

Author Biographies

Miftahuddin Miftahuddin, Universitas Dian Nuswantoro

Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Industri

Ratih Setyaningrum, Universitas Dian Nuswantoro

Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Industri

References

DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN KOTA SEMARANG. TPA JATIBARANG [Internet]. mapgeo.id/dkp/index.php/pembuangan/tpa. 2012. Available from: http://mapgeo.id/dkp/index.php/pembuangan/tpa

Masturi H, Hasanawi A, Hasanawi A. Jurnal Inovasi Penelitian. J Inov Penelit. 2021;1(10):1–208.

Philip K, Keller KL. Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2009;

Nisak Z. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Academia. 2013;468–76.

Baltes PL. Content marketing - the fundamental tool of digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Econ Sci [Internet]. 2015;2(8):111–8. Available from: http://webbut.unitbv.ro/BU2015/Series V/BILETIN I/15_Patrutiu.pdf

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles