FAKTOR DETERMINASI NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR FOODS AND BEVERAGES YANG TERDAPAT DI BEI TAHUN 2019

Authors

  • Sisca Dian Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

ABSTRACTThe study aims to analyze the effect of company size, retun on assets and leverage on a company's value. The size of the company is projected by total assets, number of employees and total sales. Return on asset is proxyed by ROA ratio. Leverage is projected with a Debt to total asset ratio. This type of research is quantitative. The population used in this study is all manufacturing companies of sub-sectors of foods and beverages listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2019. The study's hypothesis testing used secondary data with purposive sampling techniques and companies that met the criteria of 16 companies. The analytical methods used are cross section data multiple regression test, classical assumption test, goodness of fit model accuracy test and hypothesis testing. The results of this study partially showed that the size of the company had a significant positive effect on the value of the company, return on asset had no significant effect on the value of the company and leverage negatively and significantly on the value of the company.Keywords: Company Value; Company Size; Leverage; Debt to Total Asset Ratio; ROAABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, retun on asset dan leverage terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan diproksikan dengan total aset, jumlah karyawan dan total penjualan. Return on asset di proksikan dengan rasio ROA. Leverage diproksikan dengan debt to total asset ratio. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur sub sektor foods and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan perusahaan yang memenuhi kriteria perusahaan sejumlah 16 perusahaan. Metode analisis yang digunakan yaitu uji regresi berganda data cross section, uji asumsi klasik, uji ketepatan model penduga (goodness of fit) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, return on asset tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.Kata Kunci: Nilai Perusahaan; Ukuran Perusahaan; Leverage; Debt to Total Asset Ratio; ROA

Author Biographies

Sisca Dian Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Manajemen

Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra, Universitas Dian Nuswantoro

Program Manajemen

References

Aeni, N. A. M. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan perusahaan, struktur modal, ukuran perusahaan Terhadap Pertumbuhan Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8 (7), 1-17

Anugerah, K. H. G. dan Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusaaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26, 2324. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p24

Bei, D. I. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage pada Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Prospek, 1 (2), 74–83.

Dewantari, N. L. S., Cipta, W. dan Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Serta Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverages Di BEI. Bisma: Jurnal Manajemen, 5 (2), 68–75.

Dwita, R. dan Kurniawan, K. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. STATERA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1 (1), 76–89. https://doi.org/10.33510/statera.2019.1.1.76-89

Gabriela, A. dan Widyasari. (2019). Pengaruh Capital Structure, Profitability, Firm Size dan Firm Growth terhadap Firm Value. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, 1 (2), 255–262.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10 (2), 333–348. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649

Kepramareni, I. K. S. D. P. dan Yuliastuti, I. A. N. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9), 1689–1699.

Kolamban, D. V, Murni, S., dan Baramuli, D. N. (2020). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Perbankan yang Terdaftar di BEI. A Jurnal EMBA, 8 (3), 174–183.

Oktaviani, M., Rosmaniar, A. dan Hadi, S. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Size) dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16 (1). https://doi.org/10.30651/blc.v16i1.2457

Oktrima, B. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris: PT. Mayora Indah, Tbk. Tahun 2011 – 2015). Jurnal sekuritas Manajemen Keuangan, 1(1), 98–107.

Purnomo, E. dan Erawati, T. (2019). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012- 2016). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1 (4), 37–57. https://doi.org/10.24964/japd.v1i1.882

Putri, J. (2016). Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Go Publik (Studi Kasus Sektor Makanan dan Minuman). Jom Fisip, 3(9), 1–12.

Salempang, L. E., Sondakh, J. J., dan Pusung, R. J. (2016). Pengaruh Return on Asset, Debt to Equity dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 813–824.

Sari, P. dan Abundanti, N. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(5), 253779.

Siregar, JA.J.S (2016). Pengaruh Return on Asset (ROA) terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 5(1), 49-76.

Yadnya D, N. K. P. dan Astika, I. B. P. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Struktur Modal pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 29 (2), 804. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i02.p24

Downloads

Published

2022-05-01