FAKTOR DETERMINASI NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR FOODS AND BEVERAGES YANG TERDAPAT DI BEI TAHUN 2019
Abstract
ABSTRACTThe study aims to analyze the effect of company size, retun on assets and leverage on a company's value. The size of the company is projected by total assets, number of employees and total sales. Return on asset is proxyed by ROA ratio. Leverage is projected with a Debt to total asset ratio. This type of research is quantitative. The population used in this study is all manufacturing companies of sub-sectors of foods and beverages listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2019. The study's hypothesis testing used secondary data with purposive sampling techniques and companies that met the criteria of 16 companies. The analytical methods used are cross section data multiple regression test, classical assumption test, goodness of fit model accuracy test and hypothesis testing. The results of this study partially showed that the size of the company had a significant positive effect on the value of the company, return on asset had no significant effect on the value of the company and leverage negatively and significantly on the value of the company.Keywords: Company Value; Company Size; Leverage; Debt to Total Asset Ratio; ROAABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, retun on asset dan leverage terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan diproksikan dengan total aset, jumlah karyawan dan total penjualan. Return on asset di proksikan dengan rasio ROA. Leverage diproksikan dengan debt to total asset ratio. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur sub sektor foods and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan perusahaan yang memenuhi kriteria perusahaan sejumlah 16 perusahaan. Metode analisis yang digunakan yaitu uji regresi berganda data cross section, uji asumsi klasik, uji ketepatan model penduga (goodness of fit) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, return on asset tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.Kata Kunci: Nilai Perusahaan; Ukuran Perusahaan; Leverage; Debt to Total Asset Ratio; ROAReferences
Aeni, N. A. M. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan perusahaan, struktur modal, ukuran perusahaan Terhadap Pertumbuhan Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8 (7), 1-17
Anugerah, K. H. G. dan Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusaaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26, 2324. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p24
Bei, D. I. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage pada Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Prospek, 1 (2), 74–83.
Dewantari, N. L. S., Cipta, W. dan Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Serta Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverages Di BEI. Bisma: Jurnal Manajemen, 5 (2), 68–75.
Dwita, R. dan Kurniawan, K. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. STATERA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1 (1), 76–89. https://doi.org/10.33510/statera.2019.1.1.76-89
Gabriela, A. dan Widyasari. (2019). Pengaruh Capital Structure, Profitability, Firm Size dan Firm Growth terhadap Firm Value. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, 1 (2), 255–262.
Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10 (2), 333–348. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649
Kepramareni, I. K. S. D. P. dan Yuliastuti, I. A. N. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9), 1689–1699.
Kolamban, D. V, Murni, S., dan Baramuli, D. N. (2020). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Perbankan yang Terdaftar di BEI. A Jurnal EMBA, 8 (3), 174–183.
Oktaviani, M., Rosmaniar, A. dan Hadi, S. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Size) dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16 (1). https://doi.org/10.30651/blc.v16i1.2457
Oktrima, B. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris: PT. Mayora Indah, Tbk. Tahun 2011 – 2015). Jurnal sekuritas Manajemen Keuangan, 1(1), 98–107.
Purnomo, E. dan Erawati, T. (2019). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012- 2016). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1 (4), 37–57. https://doi.org/10.24964/japd.v1i1.882
Putri, J. (2016). Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Go Publik (Studi Kasus Sektor Makanan dan Minuman). Jom Fisip, 3(9), 1–12.
Salempang, L. E., Sondakh, J. J., dan Pusung, R. J. (2016). Pengaruh Return on Asset, Debt to Equity dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 813–824.
Sari, P. dan Abundanti, N. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(5), 253779.
Siregar, JA.J.S (2016). Pengaruh Return on Asset (ROA) terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 5(1), 49-76.
Yadnya D, N. K. P. dan Astika, I. B. P. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Struktur Modal pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 29 (2), 804. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i02.p24
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.